Zuhud dan kebahagiaan: studi komparatif pemikiran al Muhasibi & Buya Hamka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Siti Alimatus (2024) Zuhud dan kebahagiaan: studi komparatif pemikiran al Muhasibi & Buya Hamka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Alimatus Sa'adah_E97217076 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siti Alimatus Sa'adah_E97217076 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis konsep zuhud dan kebahagiaan pemikiran Buya Hamka dan Harits al-Muhasibi. Tulisan ini menggunakan metode kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai referensi seperti artikel, jurnal, bu dan referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas. Hasil penelitian dalam tulisan ini adalah Almuhasibi mendefinisian zuhud bukanlah tentang mengasingkan diri dari dunia, tetapi lebih pada pembebasan diri dari pengaruh dunia serta menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan. Al-Muhasibi mendefinisikan kebahagiaan dengan merasakan ketenangan jiwa dari Allah setelah mendekat kepada-Nya. Sedangan Hamka memandang zuhud sebagai sikap yang memungkinkan seseorang untuk merasa nyaman dalam keadaan sederhana atau berkecukupan, namun juga tidak tergantung pada kekayaan atau kemewahan. Baginya, zuhud tidak hanya tentang kesederhanaan finansial, tetapi juga tentang kesadaran akan Tuhan dan tanggung jawabnya. Bagi Hamka, hal terpenting dalam kebahagiaan adalah bagaimana manusia menggunakan akalnya dalam memahami alam dan materi. Dalam mendefinisikan keduanya menjadikan zuhud sebagai jalan untuk mendapat kebahagiaan ilahi dan perbedaannya terletak pada konsep pemahaman hamka lebih menitikberatkan materi sedangkan al-muhasibi lebih fokus dengan bermuhasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Siti Alimatusalimatussdh26@gmail.comE97217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiTasmuji@uinsa.ac.id2027096201
Subjects: Doa dan Zikir
Ibadah
Kemiskinan
Keywords: Al Muhasibi; Hamka; zuhud; kebahagiaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Alimatus Sa'adah
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:47
Last Modified: 24 Jul 2024 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72047

Actions (login required)

View Item View Item