Motif dan makna visualisasi majelis sholawat oleh Jamaah Al Khidmah di media sosial TikTok

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nurfaizah Luthfillah (2024) Motif dan makna visualisasi majelis sholawat oleh Jamaah Al Khidmah di media sosial TikTok. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurfaizah Luthfillah Aini_07040220068 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nurfaizah Luthfillah Aini_07040220068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kegiatan keagaaman saat ini menjadi tren di TikTok khususnya pada remaja dan memanfaatkan majelis sholawat sebagai cara untuk menghabiskan masa muda mereka dengan cara yang menyenangkan tetapi juga religius. Kemajuan dalam teknologi beriringan dengan pertumbuhan internet yang mempengaruhi kehidupan manusia secara signifikan. Media sosial adalah platform digital yang memfasilitasi interaksi dan komunikasi antar individu melalui internet. Jamaah Majelis Dzikir Al- Khidmah adalah majelis ini terdiri dari para jamaah yang kegiatan utamanya adalah mengadakan majelis dzikir serta shalawat kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengirim doa kepada orang tua, tokoh-tokoh senior, dan juga anggota keluarga. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan visualisasi Jamaah Al Khidmah di TikTok dan untuk mengetahui bagaimana motif dan makna terhadap kegiatan visualisasi Jamaah Al-Khidmah di TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data deskripsi berupa bahasa secara lisan atau tertulis dari objek penelitian. Teori yang digunakan adalah teori motif sebab dan motif tujuan serta makna fenomenologi Alfred Schutz. Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis konten. Langkah-langkah analisis data yang diantaranya reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan interpretasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat motif sebab (because-motives) dan motif agar (in- order-to motives). Hasil motif sebab visualisasi jamaah Majelis Al Khidmah di media sosial TikTok disebabkan oleh berbagi pengalaman, komitmen terhadap ajaran agama, dan penyaluran minat. Motif tujuan adalah untuk menyebarkan ajaran, menginspirasi orang lain, dan kesenangan diri. Serta makna dari visualisasi jamaah Majelis Al Khidmah di media sosial TikTok yakni makna spiritualitas dan edukasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nurfaizah Luthfillahalfillahaini@gmail.com07040220068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNisa', Khalimatukhalimatunisa@gmail.com199303172022032001
Subjects: Media Sosial
Keywords: Motif; visualisasi; media sosial Tiktok; Majelis Al Khidmah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nurfaizah Luthfillah Aini
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:17
Last Modified: 24 Jul 2024 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72049

Actions (login required)

View Item View Item