Penerapan pembelajaran berbasis projek dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VII SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Putri Nadila (2024) Penerapan pembelajaran berbasis projek dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VII SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nadila Azzahra_06020120046 ok.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Putri Nadila Azzahra_06020120046 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran berbasis projek merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu menjadi penunjang dalam proses pembelajaran khususnya pada penerapan kurikulum Merdeka. Pembelajaran berbasis projek memiliki potensi besar untuk membuat pengalaman belajar yang menarik dan bermakna bagi peserta didik dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks dunia nyata sehingga diharapkan mampu membangkitkan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran. Pendekatan pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam melakukan kegiatan projek yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam berpikir kritis, minat, kreativitas, dan keaktifan dalam menghasilkan hasil akhir sebuah produk. Penerapan model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran serta aktifitas belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) melalui Metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi kepala Waka Kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam kelas VII dan Peserta didik Kelas VII. Penerapan pembelajaran berbasis projek dilalui melalui tiga tahapan utama yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Waru sampai pada simpulan bahwa, 1) Tahap perencanaan pembelajaran melalui beberapa langkah yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, menganalisis karakteristik peserta didik, merumuskan strategi pembelajaran, membuat lembar kerja, merancang kebutuhan sumber belajar, dan merancang alat evaluasi yang komprehensif terhadap berbagai aspek pada peserta didik. 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran terlaksana dalam tiga kegiatan pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan inti yang memuat sintaks pembelajaran dan kegiatan penutup untuk mengakhiri pembelajaran. 3) Tahap evaluasi pembelajaran evaluasi jenis asesmen formatif dan sumatif dengan tiga bentuk penilaian yaitu asesmen sikap, asesmen pengetahuan pengetahuan, dan asesmen keterampilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Putri Nadilaputrinadhila981@gmail.com06020120046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id196911291994031003
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id197708062014111001
Subjects: Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Pembelajaran berbasis projek; perencanaan; pelaksanaan; evaluasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Nadila Azzahra
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:02
Last Modified: 24 Jul 2024 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72057

Actions (login required)

View Item View Item