Problematika guru pendidikan agama Islam dalam penanaman budaya religius di SD Negeri Kedungharjo Widang Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Rahma Tiara (2024) Problematika guru pendidikan agama Islam dalam penanaman budaya religius di SD Negeri Kedungharjo Widang Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Tiara Azzahra_02040822049.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rahma Tiara Azzahra_02040822049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

“Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Budaya Religius di SD Negeri Kedungharjo Widang Tuban”. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing Dr. Muhammad Fahmi, S.Pd I., M.Hum., M.Pd dan Dr. Irfan Tamwifi, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah-masalah rendahnya nilai religius di berbagai lembaga pendidikan. SD Negeri Kedungharjo merupakan salah satu lembaga yang mengalami rendahnya akan budaya religius yang disebabkan oleh guru Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis datanya menggunakan Analysis Interactive Model dari Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri Kedungharjo didapatkan hasil bahwa bentuk problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman budaya religius diantaranya minimnya kehadiran guru Pendidikan Agama Islam di sekolah, kurangnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam, pemilihan metode pembelajaran yang kurang sesuai oleh guru Pendidikan Agama Islam, dan kurangnya hubungan guru Pendidikan Agama Islam dalam berinteraksi dengan peserta didik. Strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan budaya religius meliputi: Pembiasaan budaya religius melalui budaya 5S, berdo’a sebelum memulai pembelajaran, membaca asmaul husnah, dan salat dhuhur berjamaah. Kemudian Internalisasi nilai-nilai keagamaan melalui sikap sopan santun, sikap akhlak terpuji, sikap rendah hati, dan sikap disiplin. Selanjutnya Kegiatan khusus. Sedangkan metode penanaman budaya religius yang digunakan yaitu knowing (pengetahuan), living (suri tauladan) dan religious activities (kegiatan religius). Respon peserta didik SD Negeri Kedungharjo dari adanya penanaman budaya religius dapat dilihat dari segi pembelajaran, segi sikap dan perilaku dan segi sosiologis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Rahma Tiararahmatiara26378@gmail.com02040822049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Agama
Guru
Pendidikan
Keywords: Problematika guru pendidikan agama Islam; penanaman budaya religius; strategi guru; respon peserta didik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Tiara Azzahra
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:38
Last Modified: 23 Jul 2024 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72081

Actions (login required)

View Item View Item