فعالية تطبيق نموذج التعلم حل المشكلات(Problem Solving) بتطبيق موندلي عربي (Mondly Arabic) نحو ترقية مهارة الاستماع والكلام في مدرسة دار النجاح المتوسطة الإسلامية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqsha, Valyas Muxalminan Niám (2024) فعالية تطبيق نموذج التعلم حل المشكلات(Problem Solving) بتطبيق موندلي عربي (Mondly Arabic) نحو ترقية مهارة الاستماع والكلام في مدرسة دار النجاح المتوسطة الإسلامية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Valyas Muxalminan Niám Aqsha_D72218045 OK.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Valyas Muxalminan Niám Aqsha_D72218045 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (840kB)

Abstract

Di era digitalisasi saat ini muncul berbagai model pembelajaran dan berbagai media yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Dalam bahasa arab terdapat beberapa keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa diantaranya adalah istima’ dan kalam. Problem solving adalah salah satu model pembelajaran yang mengaktifkan siswa dan dapat melatih siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan serta kemampuan untuk menemukan solusi atau solusi terhadap permasalahan tersebut Mondly arabic Merupakan program yang menawarkan sistem pembelajaran agar siswa merasa senang belajar bahasa seolah-olah sedang bermain. Dari penelitian yang telah dilaksanakan di Mts Darunnajah Banyuwangi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem solving dengan mengguanakan media mondly arabic berpengaruh terhadap keterampilan istima’ dan kalam siswa. Hal ini terlihat dengan adanya perbedaan rata- rata nilai protest dan pretest yang menunjukkan nilai positif. Hasil uji -t untuk keterampilan istima’ menunjukkan angka 0,00 dan uji wilcoxon untuk keterampilan kalam menunjukkan angka 0,01 . dari kedua hasil test tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem solving dengan media Mondly Arabic efektif dalam meningkatkan keterampilan istima’ dan kalam siswa Mts darunnajah Bayuwangi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqsha, Valyas Muxalminan Niámniamulaqsha@gmail,comD72218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAli, Wafaaliw87870@gmail.com2029016802
Thesis advisorSyafii, syafiisyafii2121@Gmail.com2018107002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Problem solving; mondly arabic; keterampilan istima’ dan kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: valyas muxalminan
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:50
Last Modified: 23 Sep 2024 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72186

Actions (login required)

View Item View Item