Redesain terminal Bandar Udara Notohadinegoro Jember dengan pendekatan arsitektur neo vernakular

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Liyansyah, Efril (2024) Redesain terminal Bandar Udara Notohadinegoro Jember dengan pendekatan arsitektur neo vernakular. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Efril Liyansyah_09040320055 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (14MB)
[img] Text
Efril Liyansyah_09040320055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Jember, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, dikenal dengan kekayaan sumber daya alam dan manusia, serta potensi besar dalam berbagai sektor, termasuk pariwisata. Salah satu acara tahunan yang terkenal adalah Jember Fashion Carnaval (JFC) yang menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional. Data dari Kantor Pariwisata Kabupaten Jember menunjukkan peningkatan signifikan jumlah kunjungan wisatawan dari 1.445.000 menjadi 2.096.098 wisatawan dalam lima tahun terakhir (Dinas Pariwisata Jember, 2020). Mayoritas wisatawan menggunakan transportasi darat, yang mengisyaratkan perlunya pengembangan transportasi udara di Jember. Bandar Udara Notohadinegoro, satu-satunya bandara di Kabupaten Jember, memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai fasilitas pendukung industri, perdagangan, dan pariwisata. Saat ini, bandara tersebut belum memenuhi persyaratan fasilitas bandar udara, dengan terminal yang belum ramah difabel, ruang tunggu yang tidak memadai, dan zoning yang tidak teratur. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan infrastruktur untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan menarik lebih banyak wisatawan. Pendekatan yang diusulkan untuk redesain Bandara Notohadinegoro adalah Arsitektur Neo-Vernakular, yang memadukan metode dan gaya arsitektur tradisional dengan teknik dan material modern, serta mengintegrasikan budaya lokal Kabupaten Jember. Pendekatan ini diharapkan dapat mencerminkan karakteristik daerah dan memberikan pengalaman yang khas bagi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain bandara yang mengutamakan unsur lokalitas dan meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi udara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Liyansyah, Efrilefrilliyansyah214@gmail.com09040320055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHeryanti, Septiaseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Subjects: Arsitektur
Estetika
Budaya
Keywords: Pariwisata; transportasi udara; bandara Notohadinegoro; desain bandara; arsitektur neo vernakular
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Efril Liyansyah
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:20
Last Modified: 30 Jul 2024 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72228

Actions (login required)

View Item View Item