Implementasi metode problem solving dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Nur (2024) Implementasi metode problem solving dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayatullah_D91218151 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Hidayatullah_D91218151 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dimunculkannya kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Dinas Pendidikan dan Budaya pada tahun 2020 yaitu kurikulum merdeka. Dalam kurikulum tersebut terdapat karakter yang dibentuk yaitu profil pelajar Pancasila. Hal ini menjadi tantangan bagi seorang guru untuk memakai metode pembelajaran yang harus berpusat kepada peserta didik sehingga karakter dalam profil pelajar pancasila tercapai dengan baik. Metode problem solving adalah salah satu metode yang cocok untuk digunakan dalam pencapaian tersebut, terutama pada nalar berfikir kritis peserta didik. Karena dalam proses metode tersebut peserta didik diajak untuk menggali informasi sampai menyimpulkan sebuah permasalahan.Penelitian ini memfokuskan pada implementasi metode problem solving dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk profil pelajar Pancasila, upaya sekolah dalam membentuk profil pelajar Pancasila, serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh guru pendidikan agama Islam dalam implementasi metode problem solving dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk profil pelajar Pancasila di SMPN 2 Waru Sidoarjo?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana data akan dipaparkan secara deskriptif sesuai dengan keadaan objektif di SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem solving sangat baik untuk digunakan dalam pembentukan profil pelajar pancasila dalam indikator berfikir kritis. Hal ini ditunjukkan dalam pembelajarannya peserta didik turut aktif pada saat pembelajaran. Selain itu peserta didik juga dapat menyimpulkan dan menjelaskan ulang materi yang telah didapat pada saat pembelajaran. Metode ini juga didukung dengan upaya sekolah membentuk profil pelajar pancasila, dengan membuat program sesuai tema yang telah ditentukan, dalam hal ini sekolah SMPN 2 Waru sidoarjo mengambil tema suara demokrasi, gaya hidup berkelanjutan, dan kewirausahaan untuk mencapai dimensi-dimensi lainnya yang belum tercapai pada profil pelajar Pancasila, dan juga sekolah yang menyediakan fasilitas dengan baik, sehingga hal tersebut menjadi penunjang keberhasilan mengimplementasikan metode problem solving. Sedangkan faktor penghambatnya terdapat pada karakter siswa yang berbeda-beda sehingga guru harus mengetahui terlebih dahulu karakter disetiap peserta didik, selain itu juga waktu yang diperlukan metode ini sangat banyak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Nurnurhidayatullah423@gmail.comD91218151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsa.ac.id2011077202
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Implementasi Metode Problem Solving; Profil Pelajar Pancasila.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hidayatullah
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:25
Last Modified: 26 Jul 2024 06:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72271

Actions (login required)

View Item View Item