Peran wali kelas dalam pengelolaan konflik antar siswa di Madrasah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Vivi Desy (2024) Peran wali kelas dalam pengelolaan konflik antar siswa di Madrasah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivi Desy Damayanti_D03217036 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Vivi Desy Damayanti_D03217036 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang bagaimana bentuk peran wali kelas dalam pengelolaan konflik di MI Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo, bagaimana strategi wali kelas dalam pengelolaan konflik antar siswa di MI Islamiyah Sidoarjo. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini antara lain kepala sekolah, guru wali kelas dan siswa kelas. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dan interpretasi data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru wali kelas dalam pengelolaan konflik antar siswa di MI Islamiyah Sidoarjo adalah pertama, guru wali kelas sebagai pendidik. Kedua, guru wali kelas sebagai pembimbing. Ketiga, guru wali kelas sebagai penasehat. (2) Jenis konflik dan penyebab terjadinya konflik antar siswa di MI Islamiyah Sidoarjo, terdapat jenis konflik yang timbul dari dalam diri individu atau konflik intrapersonal yang disebabkan oleh perasaan yang tidak enak di hati kalau tidak melakukan hal yang diinginkan oleh siswa, malas, bolos/cabut dari madrasah, kurang motivasi belajar, dan sering bosan di dalam kelas. (3) Strategi guru wali kelas dalam pengelolaan konflik antar siswa di MI Islamiyah Sidoarjo dengan memberikan nasehat, teguran, dan ancaman. Strategi yang tepatnya adalah pertama, eskalasi. Kedua, kolaboratif. Ketiga, kompromi dan keempat penghalusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Vivi Desyvivids.damayanti@gmail.comD03217036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen
Manajemen Pendidikan
Keywords: Peran Wali Kelas; Konflik antar siswa di Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: vivi damayanti
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:08
Last Modified: 05 Aug 2024 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72276

Actions (login required)

View Item View Item