Peran export center Surabaya dan international trade promotion center Jeddah Arab Saudi dalam meningkatkan ekspor produk makanan olahan usaha kecil menengah Provinsi Jawa Timur tahun 2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rica, Imelda Amalia (2024) Peran export center Surabaya dan international trade promotion center Jeddah Arab Saudi dalam meningkatkan ekspor produk makanan olahan usaha kecil menengah Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imelda Amalia Rica_I72219042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Imelda Amalia Rica_I72219042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mambahas tentang peran Export Center Surabaya dengan ITPC Jeddah dalam meningkatkan ekspor produk makanan olahan usaha kecil menengah Provinsi Jawa Timur. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penelusuran data online. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model interaksionis menurut Miles & Huberman. Berdasarkan data yang diperoleh melalui wawancara, diketahui bahwa ECS melakukan tiga peran penting dalam upaya meningkatkan ekspor produk makanan olahan pada usaha kecil menengah CV Bolu Ketan Mendut, CV Aurasufa, CV Indigo Sejahtera, dan UD Omaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ECS ini meliputi; 1) memberikan pendampingan konsultasi one stop service secara online/offline dengan melakukan analisis yang mendalam terhadap produk, evaluasi kualitas produk, dan potensi pasar. Tidak hanya itu, ECS juga memberikan rekomendasi yang tepat agar produk sesuai dengan selera pasar Arab Saudi. Lalu, ECS juga melakukan kolaborasi dengan ITPC Jeddah untuk membangun jaringan kemitraan dengan distributor lokal. Selanjutnya adalah pemberian pelatihan mengenai manajemen supply chain, manajemen keuangan, dan strategi pricing yang kompetitif ; 2) ECS dan ITPC Jeddah memfasilitasi promosi dagang kepada UKM tersebut diatas dengan program business matching dan promosi online melalui InaExport ; 3) ECS dan ITPC memberikan informasi kepada UKM tersebut diatas dengan melalui kegiatan sosialisasi dan workshop yang dapat diakses secara online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rica, Imelda Amaliaimeldaamaliarc@gmail.comI72219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Moh. Fathonimfathonihakim@gmail.com2005018402
Subjects: Pemasaran
Pedagang
Keywords: Export center Surabaya; international trade promotion; Jeddah Arab Saudi; produk makanan olahan; usaha kecil
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Imelda Amalia Rica
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:37
Last Modified: 29 Jul 2024 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72301

Actions (login required)

View Item View Item