Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran brainstorming ditinjau dari adversity quotient

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Intan Fajar (2024) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran brainstorming ditinjau dari adversity quotient. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Fajar Maulidiyah_06020420029 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Intan Fajar Maulidiyah_06020420029 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa Climber, Camper dan Quitter dalam pembelajaran Brainstorming. Setiap kategori memiliki kemampuan komunikasi matematis yang berbeda. Untuk mengetahuinya, penulis nemerapkan metode Brainstorming. Metode ini dipilih karena berorientasi pada kemampuan memaparkan gagasan sebanyak-banyaknya tanpa adanya kritik pada gagasan-gagasan yang hadir. Sehingga nantinya siswa akan lebih leluasa dalam mengungkapkan ide-ide dari pikiran mereka tanpa takut disalahkan. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan lokasi pelaksanaan penelitian di SMPN 5 Sidoarjo pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang dipakai adalah observasi dan wawancara pada sembilan siswa yang kemudian dijadikan subjek penelitian. Sebelum subjek penelitian dipilih, terlebih dahulu para siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 27 siswa diberikan angket untuk mengetahui tingkatan Adversity Quotient yang dimiliki, kemudian subjek dipilih dengan menerapkan purposive sampling dibantu guru matematika dengan pertimbangan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa di pembelajaran sebelumnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa Climber dalam pembelajaran Brainstorming telah dapat memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik di keseluruhan indikator yang mencakup menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara lisan dengan benda nyata, gambar dan aljabar; mempresentasikan permasalahan sehari-hari dalam bentuk simbol matematika; menyebutkan tahapan penyampaian masalah secara lisan; serta mengkomunikasikan kesimpulan penyelesaian permasalahan matematika. 2) Siswa Camper dalam pembelajaran Brainstorming dapat memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik pada indikator menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara lisan dengan benda nyata, gambar dan aljabar; dan indikator menyebutkan tahapan penyampaian masalah secara lisan. Sedangkan indikator mempresentasikan permasalahan sehari-hari dalam bentuk simbol matematika; dan indikator mengkomunikasikan kesimpulan penyelesaian permasalahan matematika mereka masih kurang. 3) Siswa Quitter dalam pembelajaran Brainstorming dapat memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis dengan cukup pada indikator menyebutkan tahapan penyampaian masalah secara lisan. Sedangkan indikator menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara lisan dengan benda nyata, gambar dan aljabar; indikator mempresentasikan permasalahan sehari-hari dalam bentuk simbol matematika; dan indikator mengkomunikasikan kesimpulan penyelesaian permasalahan matematika mereka masih kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Intan Fajarintanfm78@gmail.com06020420029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsa.ac.id2028098401
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Komunikasi
Matematika
Keywords: Kemampuan komunikasi matematis; Adversity Quotient; dan Pembelajaran Brainstorming
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Fajar Maulidiyah
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:04
Last Modified: 08 Aug 2024 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72341

Actions (login required)

View Item View Item