Pengukuran tingkat serangan sql injection pada website menggunakan metode live forensik berbasis national institute of standard and technology

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Muhamad Irvan (2022) Pengukuran tingkat serangan sql injection pada website menggunakan metode live forensik berbasis national institute of standard and technology. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Irvan Maulana_H76216063.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhamad Irvan Maulana_H76216063_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

SQL Injection merupakan salah satu serangan internet dari berbagai jenis macam serangan internet yang ada. SQL Injection merupakan serangan yang memanfaatkan celah pada website yang kemudian dapat mengakses database dari website tersebut Oleh karena itu penelitian tentang hal tersebut bertujuan untuk mengukur tingkat dampak dari serangan tersebut. Untuk menguji tingkat risiko dari serangan tersebut, diperlukan objek pengujian berupa website yang bersifat online, kemudian diuji dengan menggunakan alat SQLMap dan Wireshark. Setelah dilakukan pengujian maka diperoleh data - data yang nanti dimasukkan pada framework OWASP Risk Rating untuk mengukur berapa tingkat risiko dari serangan tersebut. Pada OWASP Risk Rating sendiri terdapat beberapa indikator yang diukur dengan nilai angka untuk menunjukkan skala yang dimiliki serangan SQL Injection menggunakan SQLMap yang diujikan dengan sepesifikasi website yang digunakan. Ketika telah diketahui bagaimana serangan tersebut berjalan serta apa dampak dan tingkat risiko dari serangan tersebut maka bisa dilakukan langkah - langkah pencegahan demi meminimalisir terjadinya serangan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Muhamad Irvanirvan.fabs@gmail.comH76216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Subjects: Internet
Komputer
Informasi
Keywords: SQL injection; SQLMap; OWASP; risk rating; digital forensik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muhamad Irvan Maulana
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:32
Last Modified: 27 Jul 2024 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72347

Actions (login required)

View Item View Item