Kearifan lokal sebagai strategi pedagang etnis Madura dalam dinamika persaingan bisnis: studi kasus toko kelontong madura di Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Intan Purnama (2024) Kearifan lokal sebagai strategi pedagang etnis Madura dalam dinamika persaingan bisnis: studi kasus toko kelontong madura di Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Purnama Putri_10030320076 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 August 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Intan Purnama Putri_10030320076.pdf

Download (748kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kearifan lokal sebagai strategi pedagang etnis Madura dalam dinamika persaingan bisnis dari perspektif teori konstruksi sosial Peter L. Berger. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dan teknik pencarian data purposive sampling, data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pedagang etnis Madura memiliki kearifan lokal yang mereka gunakan dalam strategi bisnis mereka, yaitu: (1) semangat kerja keras dan pantang menyerah, (2) kejujuran dan kepercayaan, (3) kerja sama dan gotong royong, (4) adaptasi dan fleksibilitas, dan (5) kepatuhan terhadap norma dan adat istiadat. Kearifan lokal ini membantu pedagang etnis Madura untuk bersaing dalam dinamika bisnis yang semakin kompetitif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Intan Purnamaintanpurnamap05@gmail.com10030320076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Etos Kerja
Pedagang
Budaya
Keywords: Strategi bisnis; etnis Madura; pedagang kelontong
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: intan intan purnama putri putri
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:49
Last Modified: 08 Aug 2024 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72436

Actions (login required)

View Item View Item