Sistem informasi desa (SID) dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Mila (2024) Sistem informasi desa (SID) dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mila Anggraini_10020120051.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mila Anggraini_10020120051_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji kualitas penggunaan Sistem Informas Desa dalam meningkatkan pelayanan public di Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Sistem Informasi Desa ini merupakan fasilitias desa digunakan untuk layanan administrasi maupun informasi desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Sistem Informasi Desa bagi masyarakat maupun pemerintah Desa Pulosari sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi dalam menunjang data yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan teori Kuliatas Pelayanan Publik (ZeithamlParasuraman-Berry). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan public dengan penggunaan system informasi desa di desa pulosari kecematan bareng kabupaten jombang telah maksimal. Sebagaimana dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Desa Pulosari telah berhasil memenuhi berbagai dimensi kualitas pelayanan publik yang diinginkan menurut teori Zeithaml, Berry, dan Parasuraman. Hal ini berdampak positif terhadap pengalaman dan kepuasan masyarakat Desa Pulosari dalam mengakses layanan publik. 1.Tangible: Desa Pulosari memiliki fasilitas fisik yang memadai seperti Platform Digital Desa dan kios digital, serta penggunaan peralatan teknologi modern seperti aplikasi SID dan E-Lapor. Hal ini menunjukkan keseriusan dalam memfasilitasi pelayanan publik yang baik melalui aspek fisik. 2.Reliabillity: SID telah mempercepat dan menyederhanakan proses pelayanan administrasi seperti pengurusan surat. Penerapan SID mengurangi waktu tunggu masyarakat secara signifikan, menunjukkan keandalan dalam memberikan layanan yang tepat waktu, akurat dan memuaskan. 3.Responsiviness: Pemerintah Desa Pulosari meningkatkan daya tanggap dalam pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi dan media elektronik. Mereka juga aktif menerima aspirasi masyarakat dan melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kualitas layanan. 4.Assurance: Aparat desa telah dibekali pengetahuan dan keterampilan yang memadai melalui pelatihan sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang diberikan. 5.Empathy: Pemerintah Desa Pulosari menunjukkan kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat dengan memberikan perhatian dan informasi yang diperlukan, serta memberikan bantuan kepada mereka yang kesulitan dalam memanfaatkan teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Milaanggrainimila02@gmail.com10020120051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@yahoo.co.id, missholilah@gmail.com2018107602
Subjects: Administrasi > Administrasi Umum
Kebijakan Publik
Keywords: Pelayanan publik; kualitas pelayanan publik; sistem infromasi desa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mila Anggraini
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:10
Last Modified: 31 Jul 2024 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72446

Actions (login required)

View Item View Item