Peran Pondok Pesantren Miftahul Ulum dalam Islamisasi di Dusun Jombangan Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Villiah, Khusnul (2024) Peran Pondok Pesantren Miftahul Ulum dalam Islamisasi di Dusun Jombangan Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Villiah_A92217116 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Khusnul Villiah_A92217116 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tiga pembahasan antara lain: (1) Profil Dusun Jombangan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, (2) Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Dusun Jombangan Kecamatan Pare kabupaten Kediri, (3) Peran Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Dusun Jombangan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang melalui empat tahap, seperti: Heuristik (mencari dan menghimpun sumber), Verifikasi (kritik sumber eksternal dan internal), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan (wawancara), dan studi kearsipan untuk mendapatkan data terkait peran Pondok Pesantren Miftahul Ulum dalam proses penyebaran agama islam di Dusun Jombangan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Skripsi ini menggunakan pendekatan Historis Sosiologi dan teori peran Soerjono Soekamto.Hasil penelitian dari skripsi ini adalah 1) Dusun Jombangan adalah salah satu dusun yang memiliki luas wilayah 462,59 Ha dan terletak di Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dengan jarak menuju Kecamatan Pare 6, 1 km, sedangkan jarak menuju ibu kota kediri adalah 24 km. 2) Sejarah berdirinya pondok pesantren Miftahul Ulum diawali dengan dibukakannya lahan Jombangan yang menandai berdirinya dusun Jombangan, sehingga Kiai Sirojuddin membawa keluarga kecilnya untuk menetap dan tinggal di sana sembari merintis sebuah pondok pesantren yang bernama Miftahul Ulum. 3) Bentuk kontribusi dan peran Pondok Pesantren Miftahul Ulum bagi kesejahteraan masyarakat Dusun Jombangan di bidang pendidikan, bidang perekonomian, bidang keagamaan. Di bidang pendidikan mendirikan Taman Pendidikan Quran (TPQ), madrasah diniyah, program tahfidz pasca TPQ (PTPT), dan ekstrakurikuler. Di bidang perekonomian berkontribusi dalam pemberdayaan sektor agribisnis dan peningkatan kemampuan kewirausahaan masyarakat. Selain itu, di bidang keagamaan Pondok Pesantren Miftahul Ulum juga mempelopori syiar agama Islam, pengajian dan rutinan haul Kiai Hasyim Sirojuddin, serta peringatan hari besar keagamaan. Terakhir, di bidang sosial dan kebudayaan Pondok Pesantren Miftahul Ulum turut melestarikan tradisi ajaran salafiyah dan menjembatani pertukaran budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Villiah, Khusnulvilliahkhusnul@gmail.comA92217116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com /ibnuhajar@uinsby.ac.id2006086802
Subjects: Dakwah
Islam
Pesantren
Sejarah
Keywords: Peran Pondok Pesantren; Pondok Pesantren Miftahul Ulum; Proses Islamisasi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Khusnul villiah Muhklisin
Date Deposited: 30 Jul 2024 11:53
Last Modified: 30 Jul 2024 11:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72468

Actions (login required)

View Item View Item