Pengaruh produk domestik regional bruto, pengeluaran pemerintah, dan jumlah penduduk terhadap pendapatan asli daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikam, Ashabul (2024) Pengaruh produk domestik regional bruto, pengeluaran pemerintah, dan jumlah penduduk terhadap pendapatan asli daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ashabul Hikam_08040120081 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Ashabul Hikam_08040120081.pdf

Download (952kB)

Abstract

Beberapa tahun belakangan ini terjadinya penurunan pendapatan asli daerah hampir seluruh di Indonesia yang mana salah satunya penyebabnya yaitu munculnya Coronavirus disease 2019 sehingga ada beberapa daerah khususnya di Provinsi Jawa Timur terus berusaha meningkatkan pendapatan asli daerah, dan Provinsi Jawa Timur yang menduduki posisi ke 3 dengan porelahan pendapatan asli daerah terbanyak setelah Jawa Barat, sehingga Jawa Timur kini terus berusaha mengatasi penurunan dari pendapatan asli daerah sehingga dalam ini menjadi fokus dalam tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh PDRB, pengeluaran pemerintah, dan jumlah penduduk terhadap pendapatan asli daerah di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018-2022. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis data yang dipakai ialah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Portal Data Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan analisis regresi data panel, sehingga menggunakan uji Chow dan Uji Hausman sebagai estimasi regresinya. Uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi parsial (t-statistik), dan uji signifikansi simultan (f-statistik). Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan maka hasil dari penelitian ini adalah secara parsial variabel produk domestik regional bruto (X1) berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif terhadap pendapatan asli daerah (Y) dengan diperoleh nilai prob 0,0276. Variabel pengeluaran pemerintah (X2) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pendapatan asli daerah (Y) dengan diperoleh dengan nilai prob 0,0342. Sedangkan Variabel jumlah penduduk (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap pendapatan asli daerah (Y) dengan diperoleh dengan nilai prob 0,0000. Sedangkan secara simultan diperoleh nilai prob. (f-statistik) 0,000000. Hal ini berarti bahwa seluruh variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Kemudian pada uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 47,7% variabel independen dapat menjelelaskan variabel dependen. Bahwasannya dalam PDRB, pengeluaran pemerintah, dan jumlah penduduk di Provinsi Jawa Timur juga dapat meningkatkan dalam pendapatan asli daerah dari Provinsi Jawa Timur serta ada beberapa perlu ditingkatkan lagi dari pemerintah Provinsi Jawa Timur agar dapat memaksimalkan aset yang ada di daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Diharapkan dari hasil studi ini dapat memberikan wawasan bagi pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah serta dapat mengoptimalkan potensi dalam daerah secara keseluruhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikam, Ashabulashabulhikam069@gmail.com08040120081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIstiandari, Debby Nindyadebbynindya@gmail.com0414129501
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Keywords: Produk domestik; bruto; jumlah penduduk; pendapatan daerah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ashabul Hikam
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:16
Last Modified: 30 Jul 2024 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72497

Actions (login required)

View Item View Item