Pengaruh praktik affiliate marketing dan promosi online pada E-commerce Shopee terhadap minat beli konsumen dalam perspektif perilaku konsumen Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Rindy Okky Eka (2024) Pengaruh praktik affiliate marketing dan promosi online pada E-commerce Shopee terhadap minat beli konsumen dalam perspektif perilaku konsumen Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rindy Okky Eka Putri_08040420160 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Rindy Okky Eka Putri_08040420160.pdf

Download (879kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya baik barang maupun jasa. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi dan informasi yaitu dengan munculnya banyak e-commerce di Indonesia. Sebagai salah satu platform e-commerce dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di Indonesia, mengharuskan Shopee untuk terus berinovasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan sebaik mungkin. Berbagai macam strategi pemasaran dilakukan untuk menjadi yang terbaik diantara pesaingnya, karena melalui berbagai strategi pemasaran tersebut dapat mempengaruhi minat beli dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh affiliate marketing dan promosi online terhadap minat beli pengguna e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diperoleh melalui teknik nonprobability sampling. Dalam mengolah dan menganalisis data digunakan software SPSS versi 27 melalui uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel affiliate marketing dan promosi online secara parsial dan simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen e-commerce Shopee. Hal ini berarti semakin tinggi penerapan affiliate marketing dan promosi online maka semakin tinggi pula minat beli dari konsumen. Namun dalam perilaku konsumen Islam tingkat minat beli tetap harus disesuaikan dengan nilai-nilai Islam serta prinsip dalam konsumsi Islam. Diantaranya yaitu melakukan pembelian pada produk yang halal dan baik, dalam melakukan pembelian konsumen Islam tidak mudah terpengaruh dengan adanya promosi, membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan, serta menghindari pembelian yang tidak terencana. Hal inilah yang membedakan antara perilaku konsumsi Islam dengan perilaku konsumsi secara konvensional. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada konsumen muslim agar dalam melakukan pembelian disesuaikan dengan perilaku konsumsi Islam. Kemudian, dalam penelitian ini terdapat banyak faktor yang dapat dikembangkan lagi untuk penelitian berikutnya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bersamaan dengan peningkatan pengetahuan masyarakat, akan sangat mempengaruhi perubahan dan hasil di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Rindy Okky Ekarindyokky68@gmail.com08040420160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihin, Mohammad Dliyaulmdliyaulmuflihin@uinsa.ac.id2105019402
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Promosi
Keywords: Affiliate marketing; promosi online; minat beli konsumen; perilaku konsumen Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rindy Okky Eka Putri
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:15
Last Modified: 31 Jul 2024 01:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72504

Actions (login required)

View Item View Item