Pengaruh independensi, objektivitas, dan fee audit terhadap kualitas audit pada kantor akuntan publik di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Audina, Mita (2024) Pengaruh independensi, objektivitas, dan fee audit terhadap kualitas audit pada kantor akuntan publik di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mita Audina_08010220022.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Mita Audina_08010220022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Adanya fenomena yang terjadi pada beberapa Akuntan Publik (AP) dan Kantor Akuntan Publik (KAP) dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini menimbulkan keraguan atas integritas seorang Akuntan Publik yang sangat berpengaruh terhadap kualitas audit. Salah satunya yaitu kasus skandal keuangan, dimana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenakan sanksi administratif kepada AP Marlinna, AP Merliyana Syamsul dan KAP Satrio, Bing, Eny dan Rekan terkait pemeriksaan OJK terhadap PT. Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP Finance). Baik AP dan KAP memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian dalam hasil audit PT. SNP, namun berdasarkan hasil pemeriksaan OJK, PT. SNP terindikasi menyajikan Laporan Keuangan yang secara signifikan tidak sesuai dengan kondisi keuangan sebenarnya sehingga menimbulkan kerugian banyak pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari independensi, objektivitas, dan fee audit terhadap kualitas audit pada kantor akuntan publik di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah akuntan publik yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sehingga didapat 70 akuntan publik. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 26. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji t pada variabel independensi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 4,274 > 1,668 yang berarti independensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Hasil uji t pada variabel objektivitas memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 5,256 > 1,668 yang berarti objektivitas berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Hasil uji t pada variabel fee audit memiliki nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05 dan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,741 > 1,668 yang berarti feeaudit berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Penelitian ini menyarankan bagi akuntan publik agar mampu mempertahankan sikap independensi dan objektivitas sehingga dapat meningkatkan kualitas audit dan tidak terpengaruh oleh fee audit sehingga tidak mempengaruhi kualitas audit yang dihasilkan. Bagi Kantor Akuntan Publik agar mampu memberikan jasa dengan hasil yang berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Audina, Mitamitaaudina3005@gmail.com08010220022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratna.anggraini@uinsby.ac.id2028058903
Subjects: Akuntansi
Keywords: Independensi; objektivitas; fee audit; kualitas audit; atribus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: mita audina
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:13
Last Modified: 31 Jul 2024 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72551

Actions (login required)

View Item View Item