Dampak keberadaan objek wisata Romokalisari Adventure Land Surabaya terhadap perekonomian masyarakat sekitar perspektif maslahah mursalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Karimah (2023) Dampak keberadaan objek wisata Romokalisari Adventure Land Surabaya terhadap perekonomian masyarakat sekitar perspektif maslahah mursalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karimah_G04219038.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Karimah_G04219038_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dampak keberadaan objek wisata Romokalisari Adventure Land Surabaya terhadap perekonomian masyarakat sekitar perspektif maslāhah mursalah. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif dan metode kepustakaan. Jenis datanya ialah data kualitatif dan sumber datanya diperoleh dari data primer dan sekunder. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan datanya menggunakan empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan objek wisata Romokalisari Adventure Land Surabaya memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar yaitu dengan menciptakan peluang kerja/usaha bagi masyarakat sekitar sebesar 0,0204%, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar sebesar kurang lebih Rp 923.000.000,- dan memberikan distribusi manfaat/keuntungan bagi masyarakat sekitar dengan memberikan 145 kesempatan lapangan pekerjaan. Keberadaan objek wisata Romokalisari Adventure Land Surabaya memberikan dampak positif bagi usaha masyarakat sekitar untuk memelihara harta atau hifdzul maal guna mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan memberikan dampak kurang positif bagi usaha masyarakat sekitar untuk memelihara lingkungan sekitar atau hifdzul bi’ah guna menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya agar dapat memperdalam penelitian dengan menggunakan teori leisure economy dan/atau suistainable tourism. Penelitian ini juga memberikan masukan kepada pihak pemerintah kota dan pengelola objek wisata untuk lebih mengoptimalkan infrastruktur sekitar objek wisata, lebih menjaga fasilitas dan lingkungan sekitar objek wisata, dan juga mengoptimalkan promosi objek wisata Romokalisari Adventure Land Surabaya agar objek wisata dapat berkelanjutan, lebih dikenal oleh masyarakat luas dan dapat terus berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Karimahkarimahhayubbfaqihh@gmail.comG04219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustianto, Mochammad AndreMochammad.andre@uinsby.ac.id2011089003
Subjects: Ekonomi Islam
Fikih > Fikih Perbandingan
Keywords: Ekonomi pariwisata; dampak objek wisata; maslāhah mursalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Karimah Karimah
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:56
Last Modified: 31 Jul 2024 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72553

Actions (login required)

View Item View Item