Persepsi penonton terhadap konten dakwah Jeddah best moment di kanal youtube Sufada Radio

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Azzahroh Nuril (2024) Persepsi penonton terhadap konten dakwah Jeddah best moment di kanal youtube Sufada Radio. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azzahroh Nuril Firdaus _04010120003.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Azzahroh Nuril Firdaus _04010120003_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana penonton menginterpretasikan konten dakwah Jeddah Best Moment di kanal youtube Sufada Radio. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik wawancara mendalam terhadap 15 penonton konten dakwah Jeddah Best Moment sebagai informan. Hasil wawancara tersebut kemudian dianalisis menggunakan teori resepsi Stuart Hall, yang terbagi menjadi tiga posisi, yakni posisi hegemoni dominan, negosiasi, dan oposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan memberikan respon dan penilaian yang beragam. Pada posisi hegemoni dominan, penonton sepenuhnya menerima dan menyetujui pesan dakwah karena sesuai dengan pengetahuan keagamaannya, serta menilai durasi konten dan pemilihan narasumber yang diundang sudah tepat. Pada posisi negosiasi, penonton menerima sebagian aspek konten tetapi mengkritisi variasi tema yang dibahas, pembawaan narasumber yang kaku dan kurang interaktif, serta aspek teknis lain yang kurang sesuai dengan penilaian pribadinya. Sedangkan pada posisi oposisi, tidak ada penonton yang sepenuhnya menolak konten ini. Konten ini mengandung pesan dan nilai-nilai dakwah yang dapat memberikan efek positif berupa penambahan pengetahuan (kognitif), keterlibatan emosional (afektif), dan perubahan perilaku dalam menerapkan pesan dakwah (behavioral).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Azzahroh Nuril04010120003@student.uinsby.ac.id04010120003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Ariza Qurrataarizaqurrata@uinsby.ac.id2020059202
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Persepsi; konten dakwah; media online youtube
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Azzahroh Nuril Firdaus
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:42
Last Modified: 31 Jul 2024 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72554

Actions (login required)

View Item View Item