Perlindungan hukum terhadap pemberian upah karyawan wedding organizer menurut perspektif hukum Islam dan pasal 88 a undang-undang nomor 6 tahun 2023: studi kasus ghaniah official Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhalizah, Adinda (2024) Perlindungan hukum terhadap pemberian upah karyawan wedding organizer menurut perspektif hukum Islam dan pasal 88 a undang-undang nomor 6 tahun 2023: studi kasus ghaniah official Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Nurhalizah_05010220001.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Adinda Nurhalizah_05010220001_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang berjudul Perlindungan Hukum Terhadap Karyawan Wedding Organizer Menurut Perspektif Hukum Islam dan Pasal 88 A Undang-undang Nomor 6 Tahun 2023 dengan Studi Kasus Ghaniah Official Jombang. Penelitian ini berusaha mengkaji mengenai praktik pemberian upah yang melibatkan antara pihak Ghaniah Official dengan karyawannya. Serta tidak menutup kemungkinan bahwa salah satu dari keduanya bisa saja melakukan kesalahan dalam memenuhi kewajibannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field reserce dengan memberikan gambaran yang jelas, mendalam, sistematis, dan berbasis fakta mengenai praktik yang terjadi di lapangan, serta menganalisis interaksi antara pengusaha dengan karyawan. Proses pengumpulan data primer dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya proses pengumpulan data sekunder diperoleh melalui referensi buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Teknik analisis dat yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif dari permasalahan atau fakta umum yang nantinya akan ditarik sebuah kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian yang didapat setelah mengkaji dan menganalisa maka dapat ditemukan jawaban permasalahan yang ada, bahwa praktik pemberian upah yang dilakukan oleh Ghaniah Official tidak adanya kontrak secara tertulis antara pihak Ghaniah Official dan karyawan, sehingga tidak ada kesepakatan yang jelas mengenai hak dan kewajiban antara pihak Ghaniah Official dan karyawan. Dengan adanya teori hukum Islam mengenai akad Ijarah dan Pasal 88 A UU No. 6 Tahun 2023 memberikan perlindungan hukum terhadap karyawan dalam hal pemberian upah apabila pihak Ghaniah Official ingkar terhadap pemenuhan hak karyawan yang berupa gaji/upah. Berdasarkan permasalahan yang telah dibahas oleh penulis dalam skripsi ini, maka penulis menyampaikan saran kepada pihak Ghaniah Official kedepannya bisa dibuatkan kontrak tertulis untuk memperkuat kesepakatan dan memperjelas hak dan kewajiban para karyawan dan pihak Ghaniah Official sendiri. Kemudian dalam pemberian upah karyawan sebaiknya Ghaniah Official disesuaikan dengan ketentuan yang tertuang dalam Hukum Islam dan Pasal 88 A UU No. 6 Tahun 2023 mengenai jangka waktu pemberian upah karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhalizah, Adindaadindanrh0@gmail.com05010220001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Hukum Islam > Ijarah
Muamalat Muamalah
Upah Minimum
Keywords: Perlindungan hukum; akad ijarah; pemberian upah; wedding organizer
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Adinda Nurhalizah
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:36
Last Modified: 31 Jul 2024 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72555

Actions (login required)

View Item View Item