Perbandingan hasil belajar Matematika model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw ditinjau dari kecerdasan emosional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Silvia Sinta (2024) Perbandingan hasil belajar Matematika model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan jigsaw ditinjau dari kecerdasan emosional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Sinta Dewi_D94218064 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (11MB)
[img] Text
Silvia Sinta Dewi_D94218064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya adalah kecerdasan emosional, dan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw ditinjau dari kecerdasan emosional, mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Jigsaw, mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah, dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan emosional.Penelitian ini merupakan penelitian semu dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain faktorial 2×3. Sampel penelitian adalah 2 kelas dengan jumlah siswa setiap kelas 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah validasi ahli, angket kecerdasan emosional, dan tes hasil belajar. Instrumen dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, lembar angket kecerdasan emosional, lembar tes hasil belajar, dan lembar validasi perangkat pembelajaran. Adapun uji yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Anova Two Way with Interaction.Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa model STAD ditinjau dari kecerdasan emosional tinggi sebesar 84,92; rata-rata hasil belajar kecerdasan emosional sedang 78,40; ; rata-rata hasil belajar kecerdasan emosional rendah 57,33. 2) Rata-rata hasil belajar matematika siswa model Jigsaw dengan kecerdasan emosional tinggi 82,82; rata-rata hasil belajar kecerdasan emosional sedang 79,27; rata-rata hasil belajar kecerdasan emosional rendah 66,20. 3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar antar kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw, terlihat dari F_(hitung )=0,29 < F_tabel=3,99 sehingga H_0 diterima. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah, terlihat dari F_(hitung )=30,28 > F_tabel=3,14 sehingga H_0 ditolak. 5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa, yang dapat dilihat dari nilai F_(hitung )=14,84 > F_tabel=3,99 sehingga H_0 diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Silvia Sintasilviasintad@gmail..comD94218064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Kecerdasan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Hasil belajar; model STAD; model jigsaw; kecerdasan emosional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SILVIA SINTA DEWI
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:06
Last Modified: 31 Jul 2024 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72575

Actions (login required)

View Item View Item