Penguatan motivasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti melalui literasi keagamaan digital pada peserta didik kelas xi SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Rikza Syahrial (2024) Penguatan motivasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti melalui literasi keagamaan digital pada peserta didik kelas xi SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rikza Syahrial Kurniawan_06010120021 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rikza Syahrial Kurniawan_06010120021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan dunia digital masa kini menjadi tantangan sekaligus peluang dalam dunia pendidikan terkhusus pada Pendidikan Agama Islam (PAI). Terobosan baru dari pendidik sangat dibutuhkan dalam menguatkan motivasi belajar peserta didik agar senantiasa semangat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan literasi keagamaan digital sebagai upaya penguatan motivasi belajar PAI dan BP pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang terkumpul merupakan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi melalui teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam analisis data melalui tiga tahap yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Desain yang harus dipersiapkan dalam penerapan literasi keagamaan digital yaitu: menganalisis capaian pembelajaran untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik, mengembangkan modul ajar, penyesuaian pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik, perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan asesmen formatif dan sumatif, pelaporan kemajuan belajar dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. (2) Implementasi literasi keagamaan digital dapat diperinci dalam beberapa tahap: Pendahuluan dengan durasi 15 Menit. Kegiatan inti dengan durasi 60 menit. Penutup dalam waktu 15 menit. (3) Faktor pendukung bisa menjadi kunci sukses literasi keagamaan digital dalam penguatan motivasi belajar peserta didik adalah kebijakan yang memperbolehkan menggunakan smartphone dalam proses pembelajaran, guru yang menguasai literasi keagamaan digital dan materi yang lebih menarik daripada non digital. Sedangkan faktor penghambat yang timbul selama penerapan literasi keagamaan digital adalah informasi keagamaan digital yang merajalela, sarana belajar yang kurang memadai dan adanya peserta didik yang tidak fokus saat pembelajaran berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Rikza Syahrialrikzakauman2002@gmail.com06010120021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Aliali.masud@uinsa.ac.id2023016301
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Penguatan Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Literasi Keagamaan Digital.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. Rikza Syahrial Kurniawan
Date Deposited: 07 Sep 2024 06:45
Last Modified: 07 Sep 2024 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72595

Actions (login required)

View Item View Item