Efektifitas token ekonomi untuk mengurangi kecanduan gadget pada seorang anak di Desa Suko Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfadila, Hani (2024) Efektifitas token ekonomi untuk mengurangi kecanduan gadget pada seorang anak di Desa Suko Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hani Nurfadila_B93219119 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Hani Nurfadila_B93219119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan dan juga hasil dari token ekonomi untuk menurunkan kecanduan gadget pada seorang anak merupakan fokus dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian sigle subject reasearch yang berfokus pada perubahan perilaku konseli. Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti, konseli mengalami kecanduan gadget dengan kategori tinggi. Hal tersebut memerlukan adanya penanganan melalui intervensi dengan menggunakan token ekonomi. Penelitian ini dikatakan berhasil karena melalui analisis data yang diperoleh di dalam kondisi dan juga antar kondisi, yang menghasilkan perubahan level signifikan dari data awal dan data yang diambil sesudah intervensi dengan penjabaran pada baseline-1 (A1) selisih 1 poin, pada intervensi (B) selisih 6 poin, dan pada baseline-2 (A2) selisih 4 poin. Selain itu, penurunan perilaku kecanduan gadget dapat dilihat dari analisis antar kondisi dimana masing-masing kondisi overlap memperoleh 0% pada B/A1, dan 50% A2/B. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa perilaku kecanduan gadget yang dimilki konseli menurun. Berdasarkan pengujian hipotesis, maka token ekonomi berpengaruh untuk1 mengurangi kecanduan gadget pada seorang anak di Desa Suko Kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfadila, Hanihaninurfadila9@gmail.comB93219119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@gmail.com2021117301
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Teknologi
Keywords: Token ekonomi; kecanduan gadget; anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hani Nurfadila
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:45
Last Modified: 01 Aug 2024 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72611

Actions (login required)

View Item View Item