Persepsi guru terhadap pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Nabila (2023) Persepsi guru terhadap pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Rachman_D99219053 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nabila Rachman_D99219053.pdf

Download (959kB)

Abstract

Studi ini dilatar belakangi implementasi kurikulum merdeka oleh pemerintah. Studi mengenai implementasi kurikulum merdeka menjadi penting karena kurikulum ini akan diwajibkan untuk semua sekolah di Indonesia. Studi ini berfokus pada identifikasi perspektif guru mengenai pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar yang akan dilakukan pada TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo. Studi ini menerapkan metodologi kualitatif deskriptif dan dilakukan di lapangan field research. Strategi interaktif faktual merupakan metode pendekatan kualitatif yang didasarkan pada studi kasus (case study). Sebanyak 7 orang guru dipilih untuk berpartisipasi sebagai responden. Selanjutnya, informasi yang dibutuhkan diperoleh melalui wawancara dan juga dokumentasi. Temuan studi memperlihatkan bahwasanya persepsi guru pada implementasi kurikulum merdeka di TK Muslimat NU 200 Kureksari adalah positif. Keberhasilan dalam mengimplementasikan kurikulum di kelas bergantung pada dedikasi para guru yang terlibat dalam proses pengembangan dan implementasi kurikulum di sekolah dasar. Namun tentunya terdapat faktor-faktor yang menjadi penghambat, yang pertama adalah kurangnya pengalaman mereka dalam pembelajaran kurikulum merdeka, kedua sarana dan prasarana pembelajaran yang tidak memadai, dan ketiga ketidaktahuan guru tentang pembelajaran kurikulum merdeka karena guru lebih terbiasa dengan pakem yang lama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Nabilanabilarachman31@gmail.comD99219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Kurikulum
Persepsi Guru
Wajib Belajar
Keywords: Persepsi guru; kurikulum; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: nabila rachman
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:24
Last Modified: 02 Aug 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72617

Actions (login required)

View Item View Item