Analisis pengaruh Islamic Good Corporate Governance (IGCG) terhadap keputusan membayar zakat dengan financial literacy sebagai variabel intervening pada lembaga amil zakat nasional Nurul Hayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqom, Shinta Hardiyanti (2024) Analisis pengaruh Islamic Good Corporate Governance (IGCG) terhadap keputusan membayar zakat dengan financial literacy sebagai variabel intervening pada lembaga amil zakat nasional Nurul Hayat Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istiqom Shinta Hardiyanti_02040321015 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Istiqom Shinta Hardiyanti_02040321015 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh antara transparency, accountability, responsibility, independent, fairness, dan shariah compliance terhadap keputusan membayar zakat dengan financial literacy sebagai variabel intervening pada Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Nurul Hayat Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data statistik untuk dianalisis melalui teknik random sampling dan sampel yang digunakan adalah pada muzakkī Laznas Nurul Hayat Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 130 responden. Kuesioner diolah menggunakan bantuan statistik dengan analisis data menggunakan Smart Partial Least Square (PLS) Versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Transparency berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan membayar zakat, 2). Transparency berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat melalui financial literacy, 3). Accountability berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat, 4). Accountability berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan membayar zakat melalui financial literacy, 5). Responsibility negatif dan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan membayar zakat, 6). Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat melalui financial literacy, 7). Independent berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan membayar zakat, 8). Independent berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan membayar zakat melalui financial literacy, 9). Fairness berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan membayar zakat, 10). Fairness berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan membayar zakat melalui financial literacy, 11). Shariah Compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat, 12). Shariah compliance berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat melalui financial literacy. Dengan adanya hasil penelitian ini, agar meningkatkan lagi proses islamic good corporate governance terhadap keputusan membayar zakat agar dapat menambah keyakinan dan kepercayaan muzakkī sehingga tetap menunaikan zakatnya pada lembaga amil zakat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Serta diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi atau masukan untuk Laznas Nurul Hayat Surabaya agar dapat menghadapi risiko-risiko yang terkait dengan pengelolaan zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqom, Shinta Hardiyanti02040321015@student.uinsby.ac.id02040321015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com/iskandarritonga999@gmail.com2015066502
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: transparansi; akuntabilitas; tanggung jawab; independen; keadilan; syariah kepatuhan; literasi keuangan; dan zakat.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Istiqom Shinta Hardiyanti
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:15
Last Modified: 08 Aug 2024 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72650

Actions (login required)

View Item View Item