TikTok Shop sebagai social commerce dan dampaknya pada keberlanjutan UMKM lokal dalam perspektif teori Difusi Inovasi Everett Rogers: studi pada Pasar Kapasan Baru Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurizky, Alfiandi (2024) TikTok Shop sebagai social commerce dan dampaknya pada keberlanjutan UMKM lokal dalam perspektif teori Difusi Inovasi Everett Rogers: studi pada Pasar Kapasan Baru Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiandi Nurizky_10020320032 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alfiandi Nurizky_10020320032 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana dampak dari kehadiran TikTok Shop dalam dunia perdagangan Indonesia terhadap kondisi UMKM Lokal di Pasar Kapasan Baru Surabaya, serta melihat apakah inovasi TikTok Shop dapat diadopsi atau diterima dengan baik oleh UMKM Lokal Pasar Kapasan Baru Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dan menggunakan teknik snowball sampling dalam proses pemilihan informan penelitian. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk mengkaji permasalahan dalam penelitian ini adalah Teori Difusi Inovasi oleh Everett Rogers. Penelitian ini menunjukan hasil bahwasanya proses difusi inovasi TikTok Shop ke dalam dunia perdagangan dan sistem sosial masyarakat Indonesia menunjukan indikator yang berhasil. Namun, adopsi inovasi TikTok Shop menggunakan parameter seluruh informan yang terdiri dari pelaku UMKM Pasar Kapasan Baru Surabaya dalam penelitian ini belum menunjukan indikator yang berhasil. Terdapat beberapa alasan dan latar belakang mengapa proses adopsi inovasi TikTok Shop oleh informan belum menunjukan indikator yang berhasil dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurizky, Alfiandinurizkyalfiandi@gmail.com10020320032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id2002087005
Subjects: Media Sosial
Pedagang
Wirausaha
Sosiologi
Teknologi
Keywords: TikTok Shop; Difusi Inovasi; UMKM Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Alfiandi Nurizky
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:21
Last Modified: 06 Aug 2024 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72686

Actions (login required)

View Item View Item