Penerapan permainan bisik berantai dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 12 Mamba'ul Ulum Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiruddinia, Dynda Nauroh Al Fahiroh (2023) Penerapan permainan bisik berantai dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 12 Mamba'ul Ulum Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dynda Nauroh Al Fahiroh Hoiruddinia_D09219008 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dynda Nauroh Al Fahiroh Hoiruddinia_D09219008 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perbendaharaan kata yang belum diketahui oleh anak sehingga anak belum mampu memahami kata yang disampaikan guru dengan baik. Upaya untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak, salah satunya dilakukan dengan menerapkan permainan bisik berantai. Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan permainan bisik berantai dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TKM NU 12 Mamba’ul Ulum? 2) Apa saja fakttor pendukung dan penghambat penerapan permainan bisik berantai dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TKM NU 12 Mamba’ul Ulum?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul proses selanjutnya adalah analisis data dengan menggunaan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa penerapan permainan bisik berantai dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : a) Guru menjelaskan tata tertib permainan, b) Guru membagi kelompok, masing-masing kelompok terdiri 4-5 anak, c) Sebelum permainan dimulai guru mengecek setiap kelompok untuk mengetahui setiap kelompok terdiri dari berapa anak dengan meminta setiap anak untuk berhitung, d) Guru membisikkan kata atau kalimat pendek pada pemain pertama, e) Permain pertama akan membisikkan kepada pemain kedua, dan begitupun seterusnya sampai pada pemain terakhir, f) Pemain terakhir harus menyampaikan pesan yang diterima dengan keras didepan guru dan teman-temannya, g) Kelompok yang menjawab dengan benar ialah yang menjadi pemenang. Dengan kata lain permainan ini berfokus pada kalimat yang dibisikan kepada anak sesuai dengan tema pembelajaran pada saat itu. Sehingga anak akan mendapatkan kosa kata baru yang belum diketahui sebelumnya. Adapun faktor pendukung dalam penerapan permainan bisik berantai yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang memadai sehingga anak dapat belajar dengan nyaman dan bermain dengan aman serta kerja sama antar teman dapat mendukung proses permainan bisik berantai berjalan dengan lancar. Sedangkan faktor penghambat dalam proses penerapan permainan bisik berantai terdapat pada beberapa anak yang ingin menang sendiri dalam memilih anggota kelompok sehingga menimbulkan keramaian dikelas yang dapat mengganggu anak lainnya dan kelas menjadi tidak kondusif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiruddinia, Dynda Nauroh Al Fahirohdnauroh@gmail.comD09219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Kecerdasan
Minat Siswa
Keywords: Permainan Bisik Berantai; Kemampuan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dynda Khoiruddinia
Date Deposited: 31 Aug 2024 20:45
Last Modified: 31 Aug 2024 20:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72733

Actions (login required)

View Item View Item