Praktik penjualan e-commerce dengan model mystery box pada marketplace perspektif etika bisnis Islam: studi pada toko swepo official shop di shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Setyo (2024) Praktik penjualan e-commerce dengan model mystery box pada marketplace perspektif etika bisnis Islam: studi pada toko swepo official shop di shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Setyo Ramadhan_G74218134 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Setyo Ramadhan_G74218134 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Mystery box adalah strategi pemasaran baru dimana penjual menawarkan produk dalam kotak tanpa mengungkapkan isinya, sehingga pembeli tidak tahu apa yang akan didapatkan. Strategi ini menimbulkan keraguan dalam perspektif pemasaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penjualan mystery box di Shopee dan menilai bagaimana strategi tersebut sesuai dengan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menyajikan hasil dalam bentuk narasi bukan angka. Penelitian dilakukan di toko Swepo official shop di Shopee, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah penjual dan pembeli mystery box dari toko Swepo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing mystery box belum sepenuhnya sesuai dengan etika bisnis Islam, karena toko Swepo belum menerapkan semua prinsip yang relevan. Penjualan mystery box belum menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti Unity (Tauhid) dan Free Will (Kehendak Bebas). Saran yang diberikan adalah agar penelitian selanjutnya dapat lebih baik, penjual mystery box sebaiknya menghentikan penjualannya dan mengganti dengan produk yang lebih jelas, Shopee lebih mengawasi transaksi agar tidak tidak ada pembeli yang merasa dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Setyosetyoramadhan9404@gmail.comG74218134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Ekonomi
Jual Beli
Keywords: Strategi marketing; mystery box; prespektif bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Setyo Ramadhan
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:40
Last Modified: 12 Aug 2024 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72753

Actions (login required)

View Item View Item