Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui santripreneurship di Pondok Pesantren Darul Hikmah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adigara, Angga (2023) Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui santripreneurship di Pondok Pesantren Darul Hikmah Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Angga Adigara_02040322007.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Angga Adigara_02040322007_ Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Darul Hikmah menerapkan konsep "santripreneurship" sebagai upaya pemberdayaan ekonomi perempuan. Langkah-langkah konkrit dan pelatihan intensif diberikan kepada santri dengan fokus pada identifikasi peluang bisnis, pengembangan rencana bisnis, dan efisien mengelola sumber daya. Pelatihan juga mencakup manajemen keuangan, termasuk pembukuan, perencanaan anggaran, dan pengelolaan usaha untuk mencegah masalah keuangan umum di usaha kecil. Santri juga diajarkan strategi pemasaran, keterampilan memasarkan produk atau jasa, dan membangun merek bisnis guna memastikan keberlanjutan usaha mereka. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi perempuan melalui santripreneurship santri putri Pondok Pesantren Darul Hikmah Bangkalan dan untuk mengetahui implikasi praktik santripreneurship terhadap alumni Pondok Pesantren Darul Hikmah Bangkalan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan fokus pada pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus adalah pendekatan penelitian yang berfokus hanya pada satu instrumen dan kemudian menganalisisnya secara holistik melalui deskripsi rinci tentang pola, konteks, dan kondisi di mana kasus itu muncul. Lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Darul Hikmah Bangkalan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberdayaan ekonomi perempuan melalui santripreneurship di Pondok Pesantren Darul Hikmah Bangkalan melibatkan beberapa tahapan, seperti seminar untuk stimulus pengetahuan, pengembangan softskill, bantuan modal, dan dukungan sarana-prasarana. Proses ini telah memberikan hasil positif, termasuk kontribusi pada perekonomian keluarga dan biaya pendidikan santri, serta penciptaan Pengusaha Muda. Santripreneurship di kalangan alumni memiliki implikasi lima prinsip utama, mengintegrasikan dimensi ekonomi, sosial, dan spiritual. Pemberdayaan ekonomi bagi alumni santri perempuan di Pondok Pesantren Darul Hikmah melibatkan kesetaraan gender, dengan perempuan lebih tertarik pada bidang rias kecantikan, fashion, dan masakan. Partisipasi setara perempuan dalam berbagai aspek berwirausaha menunjukkan komitmen terhadap kesetaraan dan pemberdayaan perempuan. Pondok Pesantren Darul Hikmah mendorong alumni perempuan untuk menjelajahi peluang bisnis tanpa batasan gender, menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung pengembangan bakat unik masing-masing santri. Dengan demikian, praktik santripreneurship mencerminkan komitmen terhadap kesetaraan, pemberdayaan perempuan, dan penciptaan peluang yang setara di dunia wirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adigara, Anggaalexanderqotrunnadza@gmail.com02040322007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsa.ac.id2026027101
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsa.ac.id2027066801
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Wanita
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; entrepreneuship; santri; pondok pesantren
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Angga Adigara
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:09
Last Modified: 13 Aug 2024 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72755

Actions (login required)

View Item View Item