Analisis hukum ekonomi syariah dan hukum perdata terhadap praktik pinjam uang untuk usaha di organisasi pertama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halifatuljanah, Rohma Nofita Anisa (2024) Analisis hukum ekonomi syariah dan hukum perdata terhadap praktik pinjam uang untuk usaha di organisasi pertama Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohma Nofita Anisa Halifatuljanah_05020220070 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rohma Nofita Anisa Halifatuljanah_05020220070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan studi kasus menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan pengurus dan anggota organisasi PERTAMA dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh disusun dan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan praktik pinjam uang untuk usaha di organisasi PERTAMA antara pihak organisasi dan anggota merupakan kegiatankerjasama dibidang usaha pijat dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Organisasi memiliki modal uang senilai pinjaman anggota dan anggota memiliki modal aset dan keahlian. Pembagian keuntungan dengan sistem bagi hasil sedangkan pembagian kerugian hanya dibebankan kepada anggota. Berdasarkan hukum ekonomi syariah praktik pinjam uang untuk usaha di organisasi PERTAMA tidak memenuhi syarat musyarakah pada bagian modal dan kerugian. Modal pihak anggota tidak ditaksir terlebih dahulu nilainya dan kerugian hanya dibebankan kepada anggota. Sehingga hukum kebolehan yang semula boleh menjadi tidak boleh. Menurut hukum perdata pinjam uang untuk usaha di organisasi PERTAMA telah memenuhi syarat sah perjanjian dan dianalisis menggunakan pasal 1635 KUHPerdata hukumnya sah dan diperbolehkan. Dari hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada anggota maupun pengurus organisasi sebaiknya lebih teliti saat melakukan perhitungan modal saat melakukan kerjasama usaha dan juga lebih memahami bahwa tiap usaha ada untung rugi, sehingga bisa membagi kerugian secara adil. Untuk anggota hendaknya mencaritahu aturan kerjasama usaha terlebih dahulu, sehingga apabila ada yang tidak sesuai bisa langsung dibicarakan bersama pihak lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halifatuljanah, Rohma Nofita Anisarnofitaanisah@gmail.com05020220070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudiono, Mohamadbudielhajj71@gmail.com2-10107101
Subjects: Bagi Hasil
Hukum > Hukum Perdata
Hukum Ekonomi
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pembiayaan; Hutang piutang; pinjaman usaha
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rohma Nofita Anisa Halifatuljanah
Date Deposited: 01 Sep 2024 05:01
Last Modified: 01 Sep 2024 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72794

Actions (login required)

View Item View Item