Pesan dakwah dalam lagu “Diri” Karya Tulus: analisis semiotik Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Kevin Naufal Al (2023) Pesan dakwah dalam lagu “Diri” Karya Tulus: analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kevin Naufal Al Hakim_B01217024.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kevin Naufal Al Hakim_B01217024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pesan dakwah yang terkandung dalam Lagu “Diri” Karya Tulus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotik milik Charles Sanders Pierce, serta pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesan yang terkandung pada lagu “Diri” karya tulus adalah pesan akhlak yaitu memaafkan (al-afw), percaya diri (husnudzan), larangan berandai-andai (tamannī’), menghargai diri sendiri (muru'ah) dan memiliki rasa cukup (qana’ah). Penelitian ini merekomendasikan untuk melakukan penelitian tentang pesan dakwah dalam lagu “Diri” karya Tulus dengan pendekatan, teori-teori atau teknik analisis lain yang relevan untuk memperkaya wawasan keilmuwan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Kevin Naufal Alkevinbalweel@gmail.comB01217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Shokisokhi.huda@uinsa.ac.id2128016701
Subjects: Akhlak
Dakwah > Semiotika
Keywords: Pesan dakwah; lagu “Diri”; Tulus; analisis semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kevin Naufal
Date Deposited: 14 Aug 2024 05:39
Last Modified: 14 Aug 2024 05:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72796

Actions (login required)

View Item View Item