Terapi muhasabah diri untuk mengatasi inner child pada seorang perempuan di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annida, Nabilatul Bilqis (2024) Terapi muhasabah diri untuk mengatasi inner child pada seorang perempuan di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilatul Bilqis Annida_04040320095.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabilatul Bilqis Annida_04040320095_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan Terapi Muhasabah Diri untuk mengatasi Inner child pada seorang perempuan di Surabaya ?, (2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan Terapi Muhasabah Diri untuk mengatasi Inner child pada seorang perempuan di Surabaya ? Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penyajian data dengan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara lalu dianalisa dengan teknik teknik komparatif yaitu menjelaskan perbandingan proses layanan konseling atau terapi antara teori dengan data lapangan. Hasil akhir diperoleh perbandingan yaitu perubahan konseli sebelum dan sesudah proses terapi atau konseling menggunakan terapi Muhasabah Diri. Penelitian dilakukan dengan prosedur identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dan follow up. Proses pelaksanaan konseling dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah terapi muhasabah yang dimulai dari tahap mengambil jarak gejala melalui muhasabah diri, pengurangan gejala melalui muhasabah diri, orientasi terhadap makna. Dan hasil akhir dari proses konseling ini yaitu adanya pengurangan pada dampak Inner Child. Hal ini terlihat pada target perilaku yang dicapai oleh konseli serta itensitas perilaku bermasalah semakin menurun seperti kepercayaan diri yang rendah, susah mengekspresikan emosi secara sehat, menutup diri dari sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annida, Nabilatul Bilqisnabilabilqis0201@gmail.com04040320095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Lingkungan Hidup
Lalu Lintas
Teknik Lingkungan
Keywords: Terapi; muhasabah diri; inner child
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nabilatul Bilqis Annida
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:49
Last Modified: 26 Aug 2024 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72802

Actions (login required)

View Item View Item