Implementasi konsep green economy dalam wisata religi Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pitaloka, Maura Revinda (2024) Implementasi konsep green economy dalam wisata religi Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maura Revinda Pitaloka_08010420019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Maura Revinda Pitaloka_08010420019_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Wisata religi Sunan Ampel Surabaya merupakan salah satu wisata religi yang terkenal dan menjadi icon Kota Surabaya. Akan tetapi seiring dengan meningkatnya popularitas wisata religi Sunan Ampel Surabaya yang ditandai dengan peningkatan jumlah wistawan sehingga hal tersebut berpotensi menyebabkan peningkatan jumlah sampah yang jika dibiarkan terus-menerus akan menganggu keberlanjutan lingkungan pada wisata religi Sunan Ampel Surabaya. Sebagai solusi atas permasalahan diatas, muncullah konsep green economy yang merupakan konsep pendekatan yang tidak hanya berfokus pada keuntungan ekonomi, tetapi juga mempertimbangkan dampak lingkungan dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori green economy digunakan sebagai landasan teori. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wisata religi Sunan Ampel Surabaya telah mengimplementasikan konsep green economy ditinjau dengan menggunakan 3 pilar green economy yaitu pilar ekonomi, pilar sosial dan pilar lingkungan. Saran dalam penelitian bagi pihak wisata religi Sunan Ampel Surabaya agar mampu menghimbau kepada pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta mulai untuk melakukan pengelolaan sampah secara mandiri. Bagi peneliti berikutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam dengan dukungan data-data terbaru serta pembahasan yang lebih luas agar dapat menggambarkan secara jelas dan rinci mengenai ekonomi hijau dalam wisata religi Sunan Ampel di Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pitaloka, Maura Revindarevindamaura09@gmail.com08010420019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Manajemen
Keywords: Ekonomi hijau; wisata religi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maura Maura Revinda
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:48
Last Modified: 27 Aug 2024 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72857

Actions (login required)

View Item View Item