Pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif melalui inovasi pengolahan ikan lele di Dusun Ngaglik II Desa Sedenganmijen Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Lailatul (2022) Pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif melalui inovasi pengolahan ikan lele di Dusun Ngaglik II Desa Sedenganmijen Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Habibah_B02217014.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lailatul Habibah_B02217014_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan masyarakat di Dusun Ngaglik II melalui inovasi pengolahan ikan lele menjadi kerupuk lele, nugget dan stik lele. Dalam penelitian ini berfokus pada beberapa hal, antara lain yang Pertama, yaitu membentuk kelompok ibu-ibu rumah tangga yang kreatif dan inovatif. Kedua, membangun kepercayaan masyarakat untuk mengembangkan aset yang sudah dimiliki. Ketiga, mobilitasi aset dan potensi yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Ngaglik II. Proses pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Dvelopment) pendekatan berbasis aset dan potensi memiliki lima tahapan yaitu 5-D di antaranya ialah: define, discovery, dream, design, dan destiny. Dari lima tahapan tersebut peneliti mengajak masyarakat untuk lebih mengenali aset dan potensi yang ada di dusun maupun di dalam diri masyarakat. Selanjutnya peneliti mengajak masyarakat untuk berharap atau memimpikan apa yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. Setelah menemukan potensi dan penguatan aset yang diharapkan oleh masyarakat ialah terwujudnya sebuah perubahan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Dalam proses aksi menuju penguatan ekonomi perlu adanya perubahan mindset agar masyarakat dapat berpartisipasi dan berkontribusi sepenuhnya. Aksi yang telah dilakukan oleh masyarakat di Dusun Ngaglik II dalam menginovasi ikan lele telah membawa hasil yang maksimal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, dengan memanfaatkan dan mengolah ikan lele menjadi produk makanan yang memiliki nilai jual tinggi dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat. Dalam pemberdayaan ini mampu untuk melakukan perubahan sosial di masyarakat. Masyarakat di Dusun Ngaglik II mulai menyadari akan adanya aset dan potensi yang dimiliki agar tidak bergantung pada penghasilan suami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Lailatullailatulhabibah138@gmail.comB02217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Keterampilan
Pemberdayaan
Potensi
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; ikan lele; inovasi; ekonomi kreatif; kelompok ibu-ibu rumah tangga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lailatul Habibah
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:40
Last Modified: 27 Aug 2024 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72859

Actions (login required)

View Item View Item