PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE KELAS III MI HASYIM ASY’ARI SEDATI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Shobibatur (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE KELAS III MI HASYIM ASY’ARI SEDATI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa kelas III dalam pembelajaran pada materi mengarang. Di MI Hasyim Asy’ari Sedati sidoarjo masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membuat karangan sederahan dengan menggunakan ejaan yang benar. Dengan rumusan masalah: (1) bagaimana penerapan metode Picture and Picture dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI hasyim Asy’ari Sedati Sidoarjo. (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Hasyim Asy’ari Sedati sidoarjo.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan metode Picture and Picture pada keterampilan menulis karangan sederhana pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI hasyim Asy’ari Sedati Sidoarjo. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Hasyim Asy’ari Sedati sidoarjo.Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan non tes. Adapun data diperoleh lalu dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1). Penerapan metode Picture and Picture berjalan dengan efektif melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklus. Dalam PBM dapat dilihat aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan mulai dari pra siklus, siklus 1 sampai siklusII. (2) keterampilan siswa meningkat dari rata-rata nilai perolehan siswa dari pra siklus 64,8, pada siklus I menjadi 61,5 karena ada 3 siswa yang tidak masuk. Di siklus I yang secara klasikal belum tuntas dan memenuhi KKM 75, kemudian menjadi 85,26 di siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa dari 35,3% di pra siklus menjadi 58,8% di siklus I dan untuk siklus II 91,17% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian di kelas III MI Hasyim asy’ari Sedati Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, ShobibaturShobibahroham123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Peningkatan Keterampilan Menulis; Bahasa Indonesia; Picture and Picture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Atik amn
Date Deposited: 15 Jul 2016 08:07
Last Modified: 15 Jul 2016 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item View Item