Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan berbasis tanaman hortikultura di Dusun Pulosari Desa Prambon Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dini, Ewim Windar (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan berbasis tanaman hortikultura di Dusun Pulosari Desa Prambon Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ewim Windar Dini_B92217101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ewim Windar Dini_B92217101_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan berbasis tanaman holtikultura. Penelitian ini berfokus pada aset yang dimiliki oleh masyarakat diantaranya aset alam berupa lahan pekarangan, dan aset skill individu. Adapun fokus pemberdayaan ini dijabarkan dalam beberapa pertanyaan penelitian, yakni 1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan berbasis tanaman hortikultura di Dusun Pulosari 2) Bagaimana hasil perubahan masyarakat dalam pengelolaan lahan pekarangan berbasis tanaman hortikultura. Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Pendekatan ini merupakan pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pengembangan aset dan potensi yang ada di masyarakat. Ada empat tahapan yang digunakan oleh peneliti diantaranya adalah Discovery, Dream, Design dan Destiny. Keempat tahapan tersebut bertujuan mengajak masyarakat untuk menemukenali aset dan potensi yang dimiliki untuk kemudian dikembangkan bersama. Strategi yang dilakukan pada proses pendampingan ini adalah dengan optimalisasi pekarangan sebagai kebun hortikultura. Program aksi yang dilaksanakan adalah kegiatan bercocok tanam dan pemanfaatan pekarangan, pembuatan kebun hortikultura serta kerja bakti. Setelah proses pendampingan dilakukan, mulai dari tahap discovery, dream, design, sampai pada pelaksanaaan program atau destiny terdapat beberapa perubahan yang muncul di masyarakat, diantaranya: menyadari aset yang ada di lingkungan dusun ternyata bisa bermanfaat dan menambah nilai ekonomi, masyarakat mulai mampu mengidentifikasi aset dan potensi yang dimiliki, masyarakat menyadari bahwa usaha bercocok tanam memiliki nilai tambah untuk peningkatan ekonomi tidak hanya seorang petani yang ahli dalam bercocok tanam saja namun perlu adanya peran serta mereka salah satunya dengan mengotimalkan aset alam berupa pekarangan menjadi kebun hortikultura.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dini, Ewim Windarwindarewim@gmail.comB92217101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalim, Abdhalim2014999@gmail.com202507630
Subjects: Pemberdayaan
Potensi
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; aset masyarakat Dusun Pulosari; tanaman hortikultura
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ewim Windar Dini
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:42
Last Modified: 27 Aug 2024 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72867

Actions (login required)

View Item View Item