Pengaruh mental budgeting, financial literacy, financial attitude dan self-control terhadap perilaku financial management dimasa pandemi covid-19 pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnama, Vindi Feronita (2022) Pengaruh mental budgeting, financial literacy, financial attitude dan self-control terhadap perilaku financial management dimasa pandemi covid-19 pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vindi Feronita Purnama_G92218098.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Vindi Feronita Purnama_G92218098_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh Mental Budgeting, Financial Literacy, Financial Attitude dan Self-Control terhadap Perilaku Financial Management dimasa Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswa FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya Angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dari hasil penyebaran kuesioner yang telah ditransformasikan menjadi skala interval dengan menggunakan method of successive interval (MSI) dan data sekunder berupa beberapa teori relevan. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2018 yang telah mendapatkan mata kuliah akuntansi, manajemen keuangan dan/atau penganggaran (budgeting). Penetapan besaran sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan diambil 79 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 23 for windows. Hasil penelitian yang dilakukan pada Mahasiswa FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya di masa Pandemi COVID-19 menjabarkan bahwa Mental Budgeting berpengaruh signifikan terhadap perilaku financial management dengan nilai 2,317 > 1,995, Financial Literacy berpengaruh signifikan terhadap perilaku financial management dengan nilai 2,589 > 1,995, Self-Control berpengaruh signifikan terhadap perilaku financial management dengan nilai 3,339 > 1,995, seluruh hasil tersebut menunjukkan t hitung > t tabel. Hal ini sesuai dengan Attributuon theory yang menjabarkan faktor internal yaitu Mental Budgeting, Financial Literacy dan Self Control salah satu penyebab seseorang memiliki perilaku financial management. Berbeda dengan Financial Attitude yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku Financial Management sebab t hitung < t tabel 1,253 < 1,995, hasil ini menolak Attribution Theory yang menyatakan Faktor Internal dalam hal ini Financial Attitude tidak menjadi penyebab seseorang memiliki perilaku financial management.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnama, Vindi Feronitavindiferonita11@gmail.comG92218098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustin--2008088302
Subjects: Akuntansi
Manajemen
Keuangan
Keywords: Mental budgeting; financial literacy; financial attitude; self-control dan perilaku financial management mahasiswa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Vindi Purnama
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:19
Last Modified: 29 Aug 2024 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72909

Actions (login required)

View Item View Item