Evaluasi pembelajaran diferensiasi menggunakan model CIPP (context, input, process, product) pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 22 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hosnawati, Hosnawati (2024) Evaluasi pembelajaran diferensiasi menggunakan model CIPP (context, input, process, product) pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hosnawati_06040120080 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hosnawati_06040120080 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran diferensiasi, memiliki karakteristik khusus yang mengakomodasi kebutuhan siswa. Pada penerapan pembelajaran diferensiasi di sekolah kemungkinan menghadapi berbagai hambatan dan tantangan. Untuk mengatasi kendala dan tantangan tersebut, perlu dilakukannya evaluasi terhadap penerapan pembelajaran diferensiasi di sekolah. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian yang berfokus dalam evaluasi pembelajaran diferensiasi menggunakan model CIPP pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya. Berdasarkan fokus penelitian diatas, penulis menggunakan beberapa rumusan masalah sebagai acuan dalam penyusunan skripsi ini, yaitu tentang evaluasi pembelajaran diferensiasi konten, proses, produk menggunakan model CIPP pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengambilan data digunakan teknik wawancara, observasi di lapangan serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru PAI dan peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa konteks pembelajaran diferensiasi konten, proses, produk, termasuk lingkungan sekolah dan dukungan administrasi, memainkan peran penting dalam keberhasilan implementasi. Faktor input dari ketiga komponen tersebut seperti kurikulum yang relevan, materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sumber daya yang mamadai dan keterampilan guru dalam merencanakan ketiga komponen pembelajaran diferensiasijuga berperan penting. Proses dari ketiga komponen pembelajaran diferensiasi melibatkan penggunaan strategi yang beragam dan interaksi guru-siswa yang aktif. Hasil belajar siswa termasuk pemahaman materi, keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar, partisipasi aktif, dan rasa percaya diri, meningkat sebagai produk dari ketiga komponen pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan kontekstual, input yang tepat, proses yang aktif, dan produk yang positif dalam penerapan pembelajaran diferensiasi. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya komitmen dari semua pemangku kepentingan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan dukungan yang memadai bagi guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran diferensiasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hosnawati, Hosnawatihosnawati02@gmail.com06040120080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Belajar
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pengajaran
Keywords: Pembelajaran diferensiasi; Model evaluasi CIPP; PAI.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hosnawati Hosnawati
Date Deposited: 31 Aug 2024 21:01
Last Modified: 31 Aug 2024 21:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72939

Actions (login required)

View Item View Item