Academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran Al-qur’an Hadits selama 2 tahun dengan sistem kredit semester di Man Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Robiatul (2024) Academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran Al-qur’an Hadits selama 2 tahun dengan sistem kredit semester di Man Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robiatul Adawiyah_D91219148 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Robiatul Adawiyah_D91219148 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Sistem Kredit Semester adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kebebasan peserta didik dalam menentukan beban belajar sesuai dengan kemampuannya. Dengan sistem ini, peserta didik dapat menempuh masa studinya paling cepat 2 tahun dan paling lambat 4 tahun. Karena padatnya pembelajaran, peserta didik dengan masa studi 2 tahun dituntut untuk memiliki keterampilan academic self-management yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran al-Qur’an Hadits selama 2 tahun dengan Sistem Kredit Semester di MAN Bangkalan, 2) Faktor pendukung dan penghambat academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran al-Qur’an Hadits selama 2 tahun dengan Sistem Kredit Semester di MAN Bangkalan, dan 3) Penyelesaian pembelajaran al-Qur’an Hadits selama 2 tahun dengan Sistem Kredit Semester di MAN Bangkalan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang terkumpul merupakan hasil dari observasi non-partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan Sistem Kredit Semester 2 tahun terdiri dari lima aspek, yaitu motivasi dengan penetapan tujuan, positif self-talk, dan self reward, pemilihan metode sesuai gaya belajar, penggunaan waktu berdasarkan skala prioritas, pengaturan lingkungan fisik dan sosial dengan sikap responsif, serta evaluasi kinerja dengan pengontrolan dan perbaikan hasil belajar. 2) Faktor pendukung meliputi minat belajar yang tinggi, pengalaman belajar, dan dukungan dari lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya berupa latar pendidikan yang tidak searah, metode pembelajaran yang tidak menarik, mudah distraksi, dan prokrastinasi tugas. 3) Penyelesaian pembelajaran al-Qur’an Hadits menggunakan Kurikulum Merdeka dengan menyaring materi yang esensial dan penuntasan UKBM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Robiatulrobiatuladwyh273@gmail.comD91219148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Manajemen
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Hadis
Keywords: Academic Self-Management; Pembelajaran Al-Qur’an Hadits; Sistem Kredit Semester
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 01 Sep 2024 04:11
Last Modified: 01 Sep 2024 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72940

Actions (login required)

View Item View Item