Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (Self-Confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis adiwiyata

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadila, Nadia Nur (2024) Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (Self-Confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis adiwiyata. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Nur Fadila_06010420012.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Nadia Nur Fadila_06010420012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan yang dapat memberikan dorongan pada tingkat kepercayaan diri peserta didik serta memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata, 2) hubungan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata, 3) hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggabungkan dan menganalisis hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam satu kerangka penelitian dengan pendekatan mix method. Metode pengumpulan data menggunakan instrument angket, soal tes dan wawancara. Sedangakan teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank dan deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata peserta didik diperoleh nilai korelasi (rs) pada Spearman rank correlation sebesar 0,516 dan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,002 < 0,005 yang berarti tidak cukup bukti untuk menerima H0, dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis Adiwiyata, 2) hubungan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata peserta didik diperoleh nilai korelasi (rs) pada Spearman Rank Correlation sebesar 0,560 dan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,001 < 0,005 yang berarti tidak cukup bukti untuk menerima H0, dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis Adiwiyata, 3) hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata peserta didik diperoleh hasil: Jika peserta didik mempunyai kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (self-confidence) tinggi, atau salah satu dari keduanya tinggi, maka hasil kemampuan pemecahan masalahnya akan menghasilkan nilai tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadila, Nadia Nurnadiafdl21@gmail.com06010420012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Belajar
Matematika
Self confidence
Keywords: Kemampuan berpikir kreatif; kepercayaan diri (self-confidence); kemampuan pemecahan masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadia Nur Fadila
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:44
Last Modified: 28 Aug 2024 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72972

Actions (login required)

View Item View Item