Praktik jual beli bonggolan pada rombong kejujuran di pasar Sidayu Gresik dalam perspektif etika bisnis syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyan, Linggawati (2024) Praktik jual beli bonggolan pada rombong kejujuran di pasar Sidayu Gresik dalam perspektif etika bisnis syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linggawati Widyan_05020220049.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Linggawati Widyan_05020220049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli bonggolan pada rombong kejujuran merupakan suatu transaksi jual beli bonggolan yaitu makanan khas Sidayu yang ada di Pasar Sidayu, Gresik. Praktik jual beli bonggolan ini terbilang unik karena penjual tidak hadir pada titik penjualan. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri akan menimbulkan kerugian di salah satu pihak, apabila diantara penjual atau pembeli tidak menerapkan prinsip kejujuran dalam etika bisnis Islam. Salah satu persoalan yang terjadi dalam transaksi jual beli ini adalah masih banyak para pembeli yang tidak menjalankan prinsip-prinsip etika bisnis Islam tersebut. Penelitian ini menjawab persoalan tersebut dengan menggunakan metode penelitian empiris yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan: pertama, Praktik jual beli bonggolan pada rombong kejujuran di pasar Sidayu Gresik semua dilakukan serba mandiri. Dimana praktik jual beli tersebut ditempatkan di sebuah rombong yang berada ditepi jalan pasar Sidayu tanpa ada yang menjaganya. Kedua, berdasarkan Etika Bisnis Syariah, praktik jual beli bonggolan pada rombong kejujuran di pasar Sidayu Gresik telah menerapkan kelima prinsip-prinsip Etika Bisnis Syariah, yaitu prinsip tauhid, prinsip adil, prinsip ikhtiar, prinsip fardh dan prinsip ihsan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyan, Linggawatiwatilingga34@gmail.com05020220049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyati, Dimyatidimyati@uinsby.ac.id2026087702
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Etika
Keywords: Jual beli; rombong kejujuran; etika bisnis syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Linggawati Widyan
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:16
Last Modified: 28 Aug 2024 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72980

Actions (login required)

View Item View Item