Relasi politik dan bisnis: studi kasus PC Tunas Indonesia Raya Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahendar, Oscar Krisna (2024) Relasi politik dan bisnis: studi kasus PC Tunas Indonesia Raya Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oscar Krisna Mahendar_I91219099.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Oscar Krisna Mahendar_I91219099_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pola relasi politik dan bisnis yang terjadi didalam struktur Tunas Indonesia Raya Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk memahami apa motif para pengusaha muda terjun kedalam dunia politik dari sayap partai Gerindra, Tunas Indonesia Raya Kota Surabaya dan bagaimana relasi politik dan bisnis yang terjadi didalam struktur Tunas Indonesia Raya Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa didalam kultur kepartaian dari Gerindra sendiri menerapkan sistem kaderisasi dari sayap partai, karena selain untuk mempelajari bagaimana politik kepartaian, mereka pun dituntut untuk membuat beragam inovasi demi keberlangsungan partai. Disitulah para pengusaha dapat membranding dirinya serta background bisnisnya secara bersamaan agar dilihat oleh para elite politik internal Partai Gerindra maupun masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini pun menghadapi banyak tantangan, antara lain banyak dari pengusaha muda ini menutup akses dirinya dengan dunia politik untuk sementara pasca Pemilu 2024, sehingga keabsahan data dalam penelitian ini sangat menjadi fokus utama demi terjaganya kualitas penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah relasi politik dan bisnis yang terjadi di dalam struktur Tunas Indonesia Raya Kota Surabaya bersifat vertikal sebagai efek samping alur komunikasi koordinatif antara Partai Gerindra dengan Tunas Indonesia Raya Kota Surabaya. Dan juga motif pengusaha terjun kedalam politik terbagi menjadi 3 motif, yaitu motif pengabdian kepada masyarakat, motif perluasan lini perusahaan dan motif ideologi dan bisnis. Rekomendasi dari penelitian ini adalah partai induk harus mampu melaksanakan kaderisasi dari bawah sehingga relasi politik dan bisnis dapat dikendalikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahendar, Oscar Krisnakrisnamahendar25@gmail.comI91219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037803
Subjects: Politik
Partai Politik
Bisnis
Keywords: Politik; bisnis; kekuasaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Oscar Krisna Mahendar
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:34
Last Modified: 28 Aug 2024 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72994

Actions (login required)

View Item View Item