Kepuasan pernikahan pada pasangan yang menikah melalui proses ta'aruf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Faizatun (2024) Kepuasan pernikahan pada pasangan yang menikah melalui proses ta'aruf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizatun Nisa_11020120053.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Faizatun Nisa_11020120053_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menggali secara mendalam mengenai gambaran kepuasan pernikahan pada pasangan yang menikah melalui proses ta’aruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data pada penelitian ini terdapat 3 teknik pengumpulan data yaitu menggunakan In-depth interview, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, untuk data penelitian diambil dari 9 informan yang terdiri dari 3 pasangan suami-istri dan 3 significant other. Dari data tersebut kemudian dilakukan analisis melalui serangkaian proses reduksi hingga validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pernikahan pada pasangan yang menikah melalui proses ta’aruf dipengaruhi oleh beberapa faktor utama. Pasangan pertama, MJ dan MS, menunjukkan kepuasan melalui kesamaan kepribadian, dukungan keluarga yang kuat, komunikasi terbuka, serta pengelolaan keuangan yang transparan. Pasangan kedua, UB dan EL, meskipun memiliki perbedaan kepribadian, berhasil menemukan kepuasan melalui keimanan yang kuat, pola komunikasi adaptif, dan pengelolaan keuangan yang kolaboratif. Pasangan ketiga, AH dan RN, menjaga keharmonisan melalui nilai kehidupan yang mirip, pola komunikasi fleksibel, dan pengelolaan keuangan yang bijak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Faizatunfaizanissa2018@gmail.com11020120053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatiktatikfpk@uinsby.ac.id2011057603
Subjects: Psikologi > Keluarga
Perkawinan
Keywords: marital satisfaction; ta'aruf
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Faizatun Nisa
Date Deposited: 30 Aug 2024 05:09
Last Modified: 30 Aug 2024 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73032

Actions (login required)

View Item View Item