Kesiapan guru PAI dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka di SMPN 1 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharisma, Refi (2024) Kesiapan guru PAI dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka di SMPN 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Refi Kharisma_06020120047.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Refi Kharisma_06020120047_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dihadapi subjek. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, waka/urusan kurikulum, waka/urusan sarana prasarana, guru Pendidikan Agama Islam dan guru mata pelajaran lain. Kesiapan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka dalam penelitian ini mencakup 3 aspek yaitu kesiapan kognitif, kesiapan psikis dan kesiapan sarana prasarana. Indikator kesiapan guru secara kognitif yang meliputi: 1) persepsi guru terkait informasi baru atau kebijakan kurikulum merdeka; 2) kemampuan dalam mengidentifikasi perubahan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka; dan 3) pemahaman guru terhadap konsep baru dalam perangat pembelajaran kurikulum merdeka; 4) kemampuan guru dalam menghadapi situasi baru; 5) kemampuan guru dalam berpikir dan memecahkan masalah; 6) kesesuaian antar komponen perangkat pembelajaran; 7) kesesuaian modul ajar dengan penerapan pembelajaran dikelas. Prosedur penyusunan perangkat pembelajaran di SMPN 1 Jombang saling berkordinasi melalui KomBel Spijijoe. Sedangkan dalam perumusan ATP disusun secara bersama dan disesuaikan dengan CP yang telah ditetapkan oleh pemerintah kemudian disinkronkan dengan seluruh komponen SMP yang ada di Jombang. Penyusunan modul ajar juga dilakukan dengan guru MGMP serumpun yang kemudian disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Selanjutnya untuk penyusunan PROTA, PROMES, dan RPE hampir sama dengan kurikulum sebelumnya disesuaikan kalender pendidikan. Sedangkan kesiapan guru secara psikis dilihat dari 2 aspek yaitu aktivitas konasi yang merupakan motivasi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka dan aktivitas afeksi (emosi) yang merupakan keadaan guru ketika ada kebijakan baru yakni kurikulum merdeka. Untuk kesiapan sarana prasarana yakni kondisi sarana prasarana yang disiapkan sekolah untuk menunjang implementasi kurikulum merdeka seperti pengadaan sumber belajar yang sesuai kurikulum, kemudian kesiapan guru terkait sarana prasarana dalam penyusunan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharisma, Refirefikharisma5@gmail.com06020120047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsa.ac.id2021036901
Thesis advisorRohman, Fathurfathurrohman@uinsa.ac.id2030117301
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kesiapan guru; perangkat pembelajaran; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Refi Kharisma
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:11
Last Modified: 29 Aug 2024 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73033

Actions (login required)

View Item View Item