Pengaruh self efficacy dan social support terhadap flow akademik pada mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Winona, Alif Septia Fadiyah (2023) Pengaruh self efficacy dan social support terhadap flow akademik pada mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Septia Fadiyah Winona_J71219048 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Alif Septia Fadiyah Winona_J71219048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Flow akademik adalah di mana siswa mempertahankan fokus, kepercayaan diri, dan motivasi intrinsik saat menyelesaikan tugas akademik. Individu yang merasakan flow menyadari bahwa kegiatan yang dilaksanakan sangatlah berharga dan penting, hingga pada titik di mana waktu terasa berlalu dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh rasa sejahtera dan konsentrasi penuh dalam menyelesaikan tugas.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Efficacy dan Social Support Terhadap Flow Akademik Pada Mahasiswa, yang melibatkan 346 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Terdapat tiga instrument yang digunakan yaitu Flow Perceptions Questionnaire (FPQ), The General Self-efficacy Scale 12 (GSES-12), dan The Student Social support Scale (SSSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-efficacy dan social support masing-masing menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap terbentuknya flow akademik. Self-efficacy dan social support secara bersama-sama juga berpengaruh terhadap flow akademik. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai subjek sebagai bahan penelitian, agar memperluas sampel supaya data yang didapatkan dapat mewakili dan dapat menguji variabel flow akademik pada mahasiswa dengan variabel lain yang lebih luas serta menjadi topik terkini yang memikat untuk diteliti pada penelitian selanjutnya. Saran bagi praktisi psikologi diharapkan dapatmenggunakan kesimpulan hasil penelitian ini sebagai bahan pengayaan untuk memperluas pemahaman mengenai pengaruh self-efficacy dna social support terhadap flow akademik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Winona, Alif Septia Fadiyahaliffadiyah46@gmail.comJ71219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrory, Luckyluckyabrorry_fpk@uin.sby.ac.id2001107901
Subjects: Psikologi
Keywords: Self efficacy; social support; flow akademik; mahasiswa
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: alif septia fadiyah winona
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:07
Last Modified: 02 Sep 2024 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73061

Actions (login required)

View Item View Item