IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEIMANAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL FALAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Ainul (2008) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEIMANAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL FALAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Tata kehidupan setiap manusia muslim merupakan cerminan iman dan pengabdiannya kepada Allah swt. Iman memberikan tuntutan bagaimana seharusnya bertata kehidupan. Keimanan haruslah ditanamkan kepada manusia sejak kanak-kanak atau usia dini. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan fisik dan motorik, moral (termasuk kepribadian, watak dan akhlak), sosio emosional, intelektual, dan bahasa berlangsung sangat pesat.
Sesuai dengan prinsip tersebut, untuk mengembangkan bangsa yang cerdas, beriman dan bertakwa serta berbudi luhur hendaklah dimulai dari anak-anak.Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, haruslah menggunakan model pembelajaran yang benar-benar sesuai dengan perkembangan anak sehingga keimanan benar-benar dapat meresap di hati anak. Dalam kasus di lapangan ternyata masih banyak pendidikan anak usia dini yang menerapkan pembelajaran yang kaku dan tidak sesuai dengan perkembangan anak. Sudah saatnya mengubah praktek pendidikan yang kaku tersebut dengan menggunakan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran sentra.
Permasalahan yang ingin diangkat dalam skripsi ini berkaitan erat dengan bagaimana model pembelajaran sentra di TK Al Falah, bagaimana upaya penanaman keimanan pada anak usia dini di TK Al Falah, bagaimana implementasi model pembelajaran sentra pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan keimanan pada anak usia dini di TK Al Falah Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisa datanya deskriptif kualitatif dengan menggunakan reduksi data, display data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun metode pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi.
Dari penelitian yang dilakukan dihasilkan beberapa temuan-temuan mengenai model pembelajaran sentra yang dilaksanakan oleh TK al-Falah ada enam sentra yang dikembangkan yaitu sentra imtaq (sentra iman dan taqwa), sentra persiapan, sentra musik dan olah tubuh, sentra bahan alam dan seni, sentra main peran dan sentra balok. Upaya penanaman keimanan pada anak dilakukan dengan cara melalui pembiasaan, melalui kegiatan spontan, menciptakan lingkungan sebagai sumber belajar dimana guru, orang tua menjadi role model, membina hubungan dua arah yang harmonis antara orang tua dan sekolah, melakukan keiatan home visit. Sedang implementasi model pembelajaran sentra pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan keimanan pada anak usia dini dilakukan di sentra imtaq. Pada sentra imtaq ini, pembelajaran dilakukan dengan bermain sambil belajar dengan suasana kelas yang menyenangkan dan bernuansa religius. Anak diberikan permainan-permainan bernuansa Islam. Dalam pelaksanaannya ada 4 pijakan-pijakan yang harus dilakukan yaitu pijakan lingkungan main, sebelum main, saat main dan sesudah main.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, AinulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Model Pembelajaran Sentra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 02 Feb 2015 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7308

Actions (login required)

View Item View Item