Strategi bersaing pada koperasi konsumen syariah MUI Kantor Cabang Driyorejo untuk meningkatkan jumlah nasabah perspektif pemasaran syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pitaloka, Widia Ayu (2024) Strategi bersaing pada koperasi konsumen syariah MUI Kantor Cabang Driyorejo untuk meningkatkan jumlah nasabah perspektif pemasaran syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widia Ayu Pitaloka_08020420081 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Widia Ayu Pitaloka_08020420081 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat antar Lembaga keuangan, jika dalam teori akan mewujudkan persaingan yang sehat, tapi pada kenyataannya masih ada praktik persaingan tidak sehat yang dapat menimbulkan berbagai masalah lainnya. Salah satunya seperti dugaan monopoli bunga pinjaman online yang ditemukan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Hal ini menunjukkan betapa pentingnya praktik persaingan yang berdasarkan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi bersaing yang diterapkan oleh Koperasi Konsumen Syariah Mitra Usaha Ideal (Kopsyah MUI) Cabang Driyorejo dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di tengah persaingan ketat dengan perspektif pemasaran syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk mendapatkan mendalam tentang strategi bersaing yang diterapkan Koperasi Konsumen Syariah MUI Cabang Driyorejo. Data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pimpinan, karyawan, dan nasabah Kopsyah MUI, serta data sekunder dari brosur hingga dokumen resmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing yang diterapkan koperasi ini meliputi strategi keunggulan biaya dan strategi diferensiasi. Kopsyah MUI Cabang Driyorejo mengimplementasikan strategi keunggulan biaya dengan mengendalikan biaya operasional dan menawarkan bagi hasil kompetitif tanpa biaya administrasi bulanan. Strategi diferensiasi diwujudkan dengan menawarkan produk-produk unik yang menyesuaikan dengan tren, memperkuat citra merek Islami, dan memberikan layanan pelanggan yang unggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi keunggulan biaya dan diferensiasi telah berhasil meningkatkan daya tarik dan kesetiaan nasabah, serta sesuai dengan perspektif pemasaran syariah dengan memenuhi nilai-nilai karakteristik syariah marketing. Yaitu karasteristik Teitis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-waqiyyah), dan Humanistis (Insaniyyah). Saran yang diberikan peneliti bagi koperasi konsumen syariah MUI cabang Driyorejo, agar dapat mempertimbangkan untuk menggunakan strategi fokus yang saat ini belum digunakan. Melihat di wilayah Driyorejo terdapat cukup banyak UMKM yang berpotensi untuk dijadikan target pasar utama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pitaloka, Widia Ayuwidiaayupitaloka23@gmail.com08020420081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsa.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Koperasi
Keywords: Koperasi Syariah; Strategi Bersaing; Pemasaran syariah; Keunggulan Biaya; Diferensiasi; Kopsyah MUI; Persaingan Sehat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Widia Ayu Pitaloka
Date Deposited: 01 Sep 2024 22:32
Last Modified: 01 Sep 2024 22:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73109

Actions (login required)

View Item View Item