Penerapan etika bisnis Islam pada praktik sewa menyewa waduk desa di Desa Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofiyah, Muftihatus (2024) Penerapan etika bisnis Islam pada praktik sewa menyewa waduk desa di Desa Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muftihatus Sofiyah_08020420061 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muftihatus Sofiyah_08020420061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi secara langsung terhadap objek penelitian dan melakukan wawancara dengan beberapa informan serta dokumentasi untuk memperoleh data yang lebih lengkap. Kemudian dilakukan teknik pengolahan data dengan menganalisis data yang diperoleh peneliti menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa praktik sewa menyewa waduk desa di Desa Punduttrate Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik dilaksanakan melalui proses lelang, akadnya secara lisan dan terdapat bukti sewa berupa bukti pembayaran. Praktik sewa menyewa dilaksanakan sebagai upaya menggali potensi yang ada di desa agar aset desa dapat dimanfaatkan secara maksimal melalui penyewaan dan masyarakat desa juga dapat tetap produktif dengan menggarap waduk yang disewakan. Praktik sewa menyewa waduk ini jika dilihat dari penerapan etika bisnis Islam, didapati bahwa pemberi sewa belum sepenuhnya menerapkan Etika Bisnis Islam. Karena terdapat permasalahan mengenai informasi perubahan aturan masa sewa yang diberitahukan oleh pihak pemberi sewa secara mendadak yang mengakibatkan banyak peserta lelang mengundurkan diri. Hal tersebut menunjukkan bahwa prinsip kesatuan dan prinsip keseimbangan belum sepenuhnya diterapkan oleh pihak pemberi sewa, karena dengan adanya perubahan aturan yang mendadak menunjukkan adanya sikap dzalim sehingga mendiskriminasi salah satu pihak. Kemudian pihak pemberi sewa juga belum menerapkan prinsip kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran dalam praktik sewa menyewa waduk desa di Desa Punduttrate ini, karena kurangnya tanggung jawab dalam menyampaikan kebenaran informasi terkait perubahan aturan kepada peserta pelelangan.Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pemberi sewa dapat lebih transparan dalam pelaksanaan proses lelang dan meningkatkan sikap tanggung jawabnya dalam mengadakan kegiatan penyewaan, sehingga ke depannya tidak ada lagi hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian dan ketidakadilan bagi pihak lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofiyah, Muftihatusticajcell36@gmail.com08020420061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatulimroatul.azizah@uinsa.ac.id2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Etika
Keywords: Etika Bisnis Islam; Sewa Menyewa (Ijārah); Waduk
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muftihatus Sofiyah
Date Deposited: 01 Sep 2024 16:58
Last Modified: 01 Sep 2024 16:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73110

Actions (login required)

View Item View Item