Pengaruh konten kreator tiktok terhadap penyebaran nilai-nilai postfeminisme di Uinsa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Novi Eka (2024) Pengaruh konten kreator tiktok terhadap penyebaran nilai-nilai postfeminisme di Uinsa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Eka Safitri_10020320061.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Novi Eka Safitri_10020320061_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (13MB)

Abstract

Fokus penelitian ini pada permasalahan isu gender yang urung usai di era media baru saat ini. Pada era ini munculah media berbasis internet yakni media sosial, sehingga masyarakat menggunakan cara baru dalam berkomunikasi. Kini media sosial menjadi tempat dalam mengakses informasi, pendidikan, bahkan bisnis. Realita ini menciptakan profesi baru yakni konten kreator. Era postmodern ini membuat kekuatan absolute dan terpuruk menjadi relative dan subjektif. Hal ini juga mempengaruhi teori postfeminisme yang berfokus pada pemberdayaan dan aktualisasi diri perempuan dalam menetukan pilihan hidupnya. Kerangka teori yang dipakai untuk menjadi pisau analisis dalam penelitian ini menggunakan teori yang dipaparkan oleh Luce Irigay terkait konsep postfeminisme Tentu peran konten kreator dirasa penting dalam menyampaikan nilai-nilai pemberdayaan dan aktualisasi tersebut sehingga fenomena ini menjadi menarik untuk dibahas. Metode kuantitatif yang akan digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan korelasi dan menjadikan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi sebagai penunjang keabsahan data. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah dengan uji pengaruh dengan rumus statistik analisis regresi sederhana, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konten kreator tiktok memiliki pengaruh terhadap penyebaran nilai-nilai postfeminisme di UINSA (2) konten kreator tiktok menyumbang 17,8% terhadap penyebaran nilai-nilai postfeminisme di UINSA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Novi Ekaenovi6511@gmail.com10020320061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com196705061993031002
Subjects: Sosiologi
Keywords: Konten kreator; nilai-nilai postfeminis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Novi Eka Safitri
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:14
Last Modified: 02 Sep 2024 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73127

Actions (login required)

View Item View Item