Pesan dakwah dalam tradisi Megengan di Desa Sekaran Kasiman Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aýun, Hikmah Qurrota (2024) Pesan dakwah dalam tradisi Megengan di Desa Sekaran Kasiman Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmah Qurrota Aýun_04020120043 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hikmah Qurrota Aýun_04020120043 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tradisi megengan merupakan salah satu tradisi jawa yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Tradisi ini ialah tradisi yang dilaksanakan untuk menyambut bulan Ramadhan. Masyarakat Desa Sekaran Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro masih melaksanakan tradisi ini hingga sekarang. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti pesan dakwah dalam tradisi ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisi etnografi model Spradley melalui teori strategi komunikasi AIDA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang pesan dakwah dalam tradisi megengan dan mengetahui bagaimana strategi komunikasi AIDA digunakan dalam tradisi di Desa Sekaran Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah dalam pelaksanaan tradisi megengan di Desa Sekaran Bojonegoro, ada tiga yaitu pesan dakwah akidah, akhlak, dan syariah. Pada penelitian ini strategi komunikasi AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) digunakan secara efektif dalam menyampaikan pesan dakwah pada tradisi megengan di Desa Sekaran dan telah mencapai tujuan dakwah dengan berhasil menarik perhatian, membangkitkan ketertarikan, menggugah keinginan atau minat, dan mendorong tindakan dari masyarakat Desa Sekaran. Peneliti merekomendasikan supaya pada penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda, dengan harapan dapat memperoleh aspek yang lebih baru dalam penelitian tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aýun, Hikmah Qurrotahikmahqurrota212@gmail.com04020120043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Budaya Islam
Budaya - Agama
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Komunikasi Dalam Islam
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Tradisi Megengan; Pesan Dakwah; Strategi Komunikasi; AIDA.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hikmah Qurrota A'yun
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:21
Last Modified: 23 Sep 2024 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73166

Actions (login required)

View Item View Item